Aktivitas Berguru Penerima Didik



Dalam mencar ilmu sangat dibutuhkan adanya program belajar.  Tanpa program belajar, kegiatan mencar ilmu tidak mungkin berlangsung dengan baik.  Sadirman (2009: 95) berpendapat bahwa ”belajar yakni berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan.  Tidak ada mencar ilmu kalau tidak ada aktivitas”.
Aktivitas mencar ilmu yakni suatu kegiatan mencar ilmu yang dilakukan oleh siswa untuk memperoleh hasil yang baik. Aktivitas akan menyampaikan banyak sedikitnya seseorang menyertakan dirinya dan pikiran dalam tindakan belajar.
Dalam pembelajaran perlu diperhatikan bagaimana keterlibatan siswa dalam pengorganisasian pengetahuan, apakah mereka aktif atau pasif.  Tanpa adanya program proses pembelajaran tidak mungkin terjadi. Menurut Karwono (2010:19) bahwa:
Belajar pada hakikatnya merupakan proses atau kegiatan atau aktivitas. Seseorang dikatakan mencar ilmu kalau di dalam dirinya terdapat aktivitas, baik program fisik maupun non fisik mirip emosi dan aspek mental yang lain. Makin banyak keterlibatan program individu dalam mencar ilmu maka kadar mencar ilmu akan semakin tinggi, program mental dan pikiran serta emosional.
Secara prinsip, program dalam mencar ilmu mampu dilihat dari  dari dua sudut padang perkembangan konsep jiwa menurut ilmu jiwa, yakni pandangan ilmu jiwa lama dan pandangan ilmu jiwa moderen. Menurut pandangan ilmu jiwa lama program didominasi oleh guru. Sedangkan menurut pandangan ilmu jiwa modern program didominasi oleh siswa.
Banyak jenis program yang mampu dilakukan oleh siswa selama mengikuti pembelajaran.  Berkenaan dengan hal tersebut, Dierich (dalam Hamalik, 2008: 172) menggolongkan program siswa dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut.
1.      Kegiatan-kegiatan visual, seperti: membaca, melihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dam mengamati orang lain bekerja atau bermain.
2.      Kegiatan-kegiatan mulut (oral), seperti: mengemukakan suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi, dan interupsi.
3.      Kegiatan-kegiatan mendengarkan, seperti: mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan pecakapan atau diskusi kelompok, mendengarkan suatu permainan, mendengarkan radio.
4.      Kegiatan-kegiatan menulis, seperti: menulis cerita, menulis laporan, menilik karangan, bahan-bahan kopi, membuat rangkuman, mengerjakan tes, dan mengisi angket.
5.      Kegiatan-kegiatan menggambar, seperti: menggambar, membuat grafik, chart, diagram peta, dan pola.
6.      Kegiatan-kegiatan metrik, seperti: melakukan percobaan, memilih alat-alat, melakukan pameran, membuat model, menyelenggarakan permainan, menari, dan berkebun.
7.      Kegiatan-kegiatan mental, seperti: merenungkan, mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, faktor-faktor, melihat, hubungan-hubungan, dan membuat keputusan.
8.      Kegiatan-kegiatan emosional, seperti: minat, membedakan, berani, tenang, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan dalam kelompok ini terdapat dalam semua jenis kegiatan dan overlap satu sama lain.
Ahmadi dan Supriyono (2003: 132) membagi program mencar ilmu antara lain sebagai berikut:
a.         Mendengarkan,
b.        Memandang,
c.         Meraba, membau, dan mencicipi/mengecap,
d.        Menulis atau mencatat,
e.         Membaca,
f.         Membuat ikhtisar atau ringkasan dan menggarisbawahi,
g.        Mengamati tabel-tabel, diagram-diagram, dan bagan-bagan,
h.        Menyusun paper atau kertas kerja,
i.          Mengingat,
j.          Berfikir, dan
k.        Latihan atau praktek.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka siswa dikatakan memiliki keaktifan dalam mencar ilmu jikalau ditemui ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Membaca materi yang diajarkan,
b.      Aktif berdiskusi dengan sobat sekelompoknya,
c.       Mengerjakan latihan soal yang diberikan secara berkelompok, dan
d.      Aktif dalam diskusi kelas.

Belum ada Komentar untuk "Aktivitas Berguru Penerima Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel