[ Lengkap ] Cara Tarik Penerima Asuh Gres Di Dapodikdasmen Versi 2020

Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.blogspot.com
Salam sejahtera untuk kita semua khususnya bagi anda yang saat ini sedang membaca atau sedang berkunjung ke blog kherysuryawan.blogspot.com ini.

Pada postingan kali ini, saya akan memperlihatkan tutoril cara tarik penerima didik gres di aplikasi dapodik versi 2020.
Aplikasi dapodik versi 2020/Aplikasi dapodikdasmen versi 2020 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada tahun pembelajaran 2019/2020.

Sebagai seorang operator sekolah menjalankan aplikasi dapodik merupakan peran yang utama dalam menginput data sekolah mulai dari data sarana prasarana, data penerima didik, data kepegawaian (guru dan tenaga kependidikan) dan data-data sekolah lainnya.



Tugas yang paling berat yang harus di hadapi oleh seorang operator sekolah dalam melaksanakan penginputan data yakni saat akan memasuki tahun anutan gres dimana operator sekolah harus melaksanakan penginputan data penerima didik gres dan juga memverikasi kebenaran data yang telah di inputnya.

Setiap memasuki tahun anutan gres tentunya para pengembang aplikasi dapodik pusat selalu melaksanakan perubahan dan pembaharuan aplikasi dapodik sehingga tidak heran bila setiap tahun pelajaran gres maka aplikasi dapodik akan selalu tampil dengan versi yang terbaru.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini dimana pada tahun pelajaran gres yakni tahun pelajaran 2019/2020 pihak pengembang pusat telah mengeluarkan dan akan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yakni yang di beri nama dengan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Aplikasi dapodik versi 2020 mampu di gunakan pada satuan pendidikan jenjang SD, SMP hingga jenjang SMA/SMK.
Dengan adanya aplikasi dapodik versi 2020 terbaru ini maka tentunya akan ada juga fitur-fitur terbaru yang akan di tampilkan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Pada postingan kali ini saya bukan ingin membahas mengenai aplikasi dapodik versi 2020 namun akan lebih membahas mengenai bagaimana cara untuk mampu melaksanakan penarikan data penerima didik gres kedalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini untuk melaksanakan penginputan data calon penerima didik gres ke dalam aplikasi dapodik mampu dilakukan dengan 2 cara yakni mampu dilakukan dengan cara tarik data penerima didik secara online dan juga mampu di lakukan penginputan data penerima didik gres dengan cara manual dan offline.

Kedua cara tersebut memiliki fungsi yang sama namun memiliki proses cara kerja yang agak sedikit berbeda, alasannya yakni bila melaksanakan penarikan data penerima didik gres secara online maka akan lebih cepat dan membutuhkan waktu yang singkat bila di bandingkan dengan melaksanakan penginputan data secara manual ke dalam aplikasi dapodik secara ofline.

Bagi anda operator dapodik sekolah yang belum memahami tentang cara melaksanakan penarikan data penerima didik gres ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi terbaru maka pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan tutorial yang akan saya lengkapi dengan gambar tentang bagaimana alur atau cara untuk melaksanakan tarik data PD ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 secara online.
Berikut ini penjelasannya :



Sehingga akan tampil menyerupai pada gambar di bawah ini :



  • Langkah kedua yakni anda harus login menggunakan sajian manajemen dapodik sekolah.
Untuk melaksanakan login di sajian manajemen dapodik sekolah, anda mampu melakukannya dengan cara berikut :
Silahkan anda klik tulisan login dan pilih “manajemen sekolah” menyerupai pada gambar di bawah



  • Kemudian akan tampil menyerupai pada gambar di bawah, untuk melaksanakan login manajemen silahkan masukkan “username” dan “password” pada kolom yang tersedia dengan menggunakan username dan password dapodik anda kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik gesekan pena “kelola data sekolah”.



  • Setelah itu akan muncul gambar info akun menyerupai pada gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik gesekan pena “ kelola data pokok”



  • Kemudian akan muncul tampilan berikut dan klik sajian “ penerima didik” untuk melaksanakan proses penarikan data penerima didik baru



  • Setelah itu klik gesekan pena “tambah penerima didik” menyerupai pada gambar di bawah



  • Maka akan muncul tampilan menyerupai pada gambar di bawah.


Untuk melaksanakan proses tarik penerima didik gres maka isilah kolom-kolom yang telah di sediakan sesuai dengan alamat sekolah asal tempat penerima didik yang akan di tarik tersebut.

Sebagai info berikut ini sekilas penjelasannya:

  • Pada kolom pilihan “sumber data” silahkan pilih sesuai dengan jenis penerima didik yang akan di tarik.Apakah penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik di sekolahnya atau penerima didik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik di sekolahnya.



  • Jika penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ TARIK PD DAPODIK” namun bila penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “TAMBAH PD DI LUAR DAPODIK”
  1. Pada pilihan “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal penerima didik yang akan di tarik
  2. Pada pilihan “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal penerima didik yang akan di tarik
  3. Pada pilihan “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal penerima didik yang akan di tarik
  4. Pada pilihan “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat penerima didik yang akan di tarik datanya
  5. Pada pilihan “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan penerima didik tersebut


  • Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan “Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama penerima didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.
Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodik versi 2020.


Untuk memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka silahkan anda ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian bila semua nama-nama penerima didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik “ SIMPAN”.



Perlu di ingat bahwa bila seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tidak pribadi masuk kedalam aplikasi dapodik 2020, alasannya yakni untuk mampu memasukkan nama-nama penerima didik tersebut maka anda harus terlebih dahulu melaksanakan syncronisasi dapodik.

Jika anda telah berhasil melaksanakan syncronisasi dapodikdasmen versi 2020 maka secara otomatis nama-nama penerima didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Semoga dengan tutorial di atas anda mampu memahami dengan praktis mengenai cara melaksanakan tarik data penerima didik gres ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Demikianlah tutorial mengenai cara melaksanakan tarik data penerima didik gres menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020 secara online,  semoga postingan kali ini mampu bermanfaat buat anda para operator dapodik yang membutuhkannya.

Apabila anda masih membutuhkan info lainnya seputar aplikasi dapodik maka silahkan anda kunjungi blog kherysuryawan.blogspot.com, alasannya yakni di dalam blog tersebut telah banyak di ulas seputar aplikasi dapodikdasmen dan cara penggunaannya.

Belum ada Komentar untuk "[ Lengkap ] Cara Tarik Penerima Asuh Gres Di Dapodikdasmen Versi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel