Penjelasan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan

Penjelasan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal mampu dilakukan secara harian dan mampu juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk mampu mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang mampu digunakan sebagai susukan kedalam sistem :
1. Login dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik
Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data
dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan sehabis dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK sehabis 2 (dua) hari berhasil syncron.

Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga hidangan utama yaitu (1). Beranda; (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi. Seprti gambar dibawah ini :
1. Beranda
Pada hidangan beranda terdapat sub hidangan yaitu :
a. Profil sekolah (1)
b. Data Pengguna (2)
c. Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP (3)
2. Kehadiran
Pada hidangan Kehadiran terdapat sub hidangan meliputi :
a. Data Sekolah (1)
b. Data Guru Dan tenaga Kependidikan (GTK) (2) 

c. Tampilan informasi Kehadiran (3) 
Dibawah Menu “Data sekolah” disajikan (1) Profil Sekolah dan (2)
Kalender Sekolah, mirip gambar dibawah ini :

1. Keluar Aplikasi
Menu ini digunakan bila pengerjaan atau mengisi kehadiran GTK telah selesai, sehingga untuk keluar dari aplikasi maka tinggal klik tombol “Keluar dari Aplikasi”

Peran dan Tangggung Jawab Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:
- Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK alasannya ialah yaitu dilaksanakan secara full online
- Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
-  Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi pemberian profesi.
- Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
- Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
- Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari

2. Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)
Peran dan tanggung jawab dari petugas absen yaitu sebagai berikut :
-  Segera melakukan peran yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat peran yang diberikan
-  Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
- Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
- Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

Browser yang digunakan
Browser internet modern meliputi :  Mozilla Firefox,  Google Chrome,  Opera, Comodo, UC Browser.  Akan tetapi dalam penggunaan DHGTK lebih dianjurkan untuk menggunakan Google Chrome.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel