Fisika Dasar Pengenalan Alat Ukur


PRAKTIK FISIKA DASAR
MODUL 1
PENGENALAN ALAT UKUR

Nama    : CITRA MARLIN
Prodi    : TIF
NIM       : 201413001

5. TUGAS
a)     Apa  defenisi dari Spesifikasi dan Toleransi ?
b)     Berikan kesimpulan dari hasil percobaan ini!

Jawaban:

a)     Spesifikasi adalah penjelasan terperinci dari suatu komponen atau pengamatan yang pada pengukuran yang dilakukan sesuai dengan aturan penggunaannya sehingga menghasilkan penjelasan secara terperinci.
Toleransi adalah besarnya perbedaan antara kondisi actual dibandingkan dengan kondisi ideal, sejauh bahwa perbedaan tersebut tidak sampai menjadikan kegagalan fungsi maupun penurunan fungsi yang significan. Misalkan sebuah komponen mempunyai spesifikasi ukuran 80 mm dengan toleransi lebih kurang 0,1 mm. ini berarti bahwa komponen tersebut masih mampu berfungsi dengan baik asalkan ukurannya diantara 79,9mm dan 80,1 mm.




b)     Berdasarkan praktikum yang telah di laksanakan mampu disimpulkan bahwa:
1) Alat-alat ukur yang digunakan dalam praktikum ini diantaranya: Mistar(penggaris) yang berfungsi sebagai alat ukur panjang , Jangka Sorong  digunakan untuk mengukur diameter dalam dan luar suatu benda , dan Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur benda-benda yang tipis.
2)     Benda ukur yang mampu di ukur dengan Penggaris diantaranya: baterai, papan, resistor, tutup botol, timah.  Sedangkan  yang mampu di ukur dengan Jangkan Sorong baterai, resistor, tutup botol , dan timah. Dan yang mampu diukur dengan Micrometer Sekrup hanya Resistor. Pengukuran dilakukan dua kali dalam satu alat ukur.
3)  Pada dikala pengukuran akurasi sangat diperlukan supaya tidak terjadi eror (kesalahan) pada dikala pengukuran, biasanya eror terjadi jikalau penelitian dilakukan lebih dari satu orang kesalahan akan terjadi. Tapi berdasarkan praktikum kami tidak mengalami eror sehingga sesuai dengan presisi.

Belum ada Komentar untuk "Fisika Dasar Pengenalan Alat Ukur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel