Cara Terbaru Mengecek Data Penerima Un Tahun 2019 / 2020



Sekolah merupakan daerah untuk melakukan proses pendidikan dan pengembangan huruf serta menambah ilmu pengetahuan. Dengan bersekolah sesorang akan memiliki banyak pengalaman dan pembinaan baik secara jasmani maupun secara rohani.

Tujuan utama seseorang masuk ke dalam satuan pendidikan yaitu untuk menerima ijazah yang mampu di akui secara resmi dan sah oleh pemerintah agar dengan memiliki ijazah seseorang mampu memiliki masa depan yang baik sesuai dengan yang di cita-citakan.

Untuk menerima ijazah sesorang juga harus melalui beberapa tahapan mulai dari aktif dalam proses pembelajaran di dalam dan luar sekolah dan yang paling penting lagi yaitu harus mengikuti tahapan evaluasi penentuan kelulusan yaitu harus mengikuti program ujian nasional yang dilakukan pada tingkat tamat dalam suatu jenjang pendidikan.

Pada dikala ini seluruh data penerima didik harus sudah terdaftar di dalam aplikasi dapodik sekolah. Tujuan utama pendataan menggunakan aplikasi dapodik yaitu agar data penerima didik mampu di verifikasi dan di validasi kebenaran datanya yang kemudian nanti akan menjadi dasar dalam penulisan ijazah penerima didik.

Dengan adanya aplikasi dapodik juga sangat membantu pihak sekolah dalam mengkoreksi kesalahan data yang sering terjadi dikala melakukan penginputan di aplikasi dapodik. Sebab apabila ada data yang masih kosong atau terjadi data yang ganda maka akan teridentifikasi bahwa data penerima didik harus di perbaiki dengan di beri peringatan warning pada aplikasi dapodik.

Sebagai penerima didik yang duduk di bangku sekolah tingkat tamat maka persiapan yang dinanti-nantikan adalah persiapan dalam melakukan proses ujian nasional.

Begitu juga halnya dengan peran yang di emban oleh seorang operator sekolah dimana apabila waktu pelaksananaan ujian sekolah sudah hampir erat maka peran seorang operator sekolah juga akan semakin banyak.

Tugas utama seorang operator sekolah pada waktu mendekati pelaksaan ujian sekolah yaitu harus melakukan verifikasi data penerima UN di sekolahnya masing-masing. Tugas ini sangat penting lantaran jikalau ada atau terdapat kesalahan data penerima ujian maka mampu dilakukan perubahan melalui aplikasi dapodik sekolah.

Pada postingan kali ini saya sebagai seorang penulis artikel dalam blog ini dan juga sebagai operator sekolah akan mengembangkan cara untuk melakukan pengecekkan data penerima UN secara online untuk mengetahui apakah seluruh data penerima UN sudah masuk dan benar adanya ataukah masih ada data yang masih perlu untuk di perbaiki.

Bagi anda yang sedang mencari berita wacana cara mengecek calon penerima UN maka berikut ini akan saya jelaskan mengenai caranya dan akan saya tampilkan beserta dengan gambarnya agar praktis dalam memahaminya.

1. Pertama-tama silahkan login ke alamat di bawah ini :

2. Maka akan tampil ibarat pada gambar di bawah ini, kemudian silahkan login dengan cara masukkan email dan password yang anda gunakan untuk login pada aplikasi dapodik, kemudian masukkan nomor registrasi dapodik anda pada kolom registrasi yang telah di sediakan dan lanjutkan dengan mengklik “Login”


3. JIka login telah berhasil maka akan muncul tampilan gambar ibarat di bawah ini , dan langkah selanjutnya klik menu “Calon Peserta UN”


4. Setelah itu akan muncul tampilan nama-nama penerima UN ibarat pada tampilan gambar di bawah ini, namun nama-nama tersebut belum mampu di download apabila belum melakukan pengaturan nomor kursi.


4. Kemudian silahkan klik gesekan pena “Pengaturan nomor kursi” ibarat pada gesekan pena yang saya beri tanda pada gambar di bawah ini


5. Setelah itu silahkan isi nomor urut pada kolom “Nama urut rombel” dengan pilihan 01,02,03 dst sesuai dengan urutan rombel. JIka sudah selesai klik “simpan”


6. Langkah terakhir silahkan anda download dan cetak formulir calon penerima UN dengan cara klik gesekan pena “unduh CPUN ke exel” dengan tujuan untuk dilakukan verifikasi data penerima UN.




Apabila data penerima UN telah berhasil di download maka anda akan mampu melakukan pengecekkan data penerima UN untuk mampu mengkoreksi kebenaran data apakah sudah sesuai dengan data yang sebenanya.

Apabila masih ada data yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sesungguhnya maka secepatnya dilakukan perbaikan data melalui aplikasi dapodik yang di lakukan oleh operator sekolah agar mampu cepat terproses dan mampu sesuai dengan data yang seharusnya sebagai penerima UN.

Ada beberapa data calon penerima UN yang harus di koreksi yaitu antara lain:

- Nama penerima didik
- jenis kelamin penerima didik
- daerah lahir penerima didik
- tanggal lahir penerima didik
- nama ibu penerima didik
- NISN penerima didik
- Nomor induk siswa (NIS) penerima didik
- Nomor penerima UN pada jenjang sebelumnya.

Seluruh data tersebut harus sesuai dengan data yang sesungguhnya agar dikala melakukan pengiriman data ke dinas kabupaten atau propinsi untuk di teruskan ke pusat sudah tidak ada lagi data yang salah sehingga penerima didik tidak merasa di rugikan oleh pihak sekolah.

Demikianlah berita yang mampu saya bagikan mengenai cara mengecek data penerima UN, agar artikel ini mampu bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Jika ada masukkan atau pertanyaan yang sifatnya faktual dan membangun maka saya harapkan untuk mampu di sampaikan melalui kolom komentar agar blog yang saya kelola ini mampu semakin berkembang dan mampu saling mengembangkan informasi.


Belum ada Komentar untuk "Cara Terbaru Mengecek Data Penerima Un Tahun 2019 / 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel