Software Ini Segera Punah Sehabis 36 Tahun Hadir Di Semua Pc

 Program firmware yang namanya merupakan abreviasi dari Basic Input Software Ini Segera Punah Setelah 36 Tahun Hadir di Semua PC
Award Bios Komputer
Masih ingat dengan BIOS? Program firmware yang namanya merupakan abreviasi dari Basic Input/Output System ini tertanam di motherboard komputer. BIOS merupakan software yang pertama berjalan dikala sistem dinyalakan.

Peran BIOS yaitu untuk mengusut kelengkapan dan fungsi komponen komputer serta menjalankan sistem operasi dari harddisk atau media lain yang terpasang.

Belakangan, lantaran memiliki banyak keterbatasan, fungsi BIOS sudah digantikan oleh Unitied Extensible Firmware Interface (UEFI) yang lebih canggih, mendukung teknologi komputer terkini, serta menampilkan antarmuka grafis dan kursor mouse sehingga lebih simpel dipakai ketimbang BIOS.

Intel selaku salah satu inisiator standar UEFI masih mempertahankan kompatibilitas dengan BIOS lewat Compatibility Support Module (CSM). Namun, modul CSM itu akan dihilangkan dari UEFI pada 2020 mendatang.

Dengan kata lain, BIOS yang sudah dipakai selama 36 tahun sejak IBM PC di dekade 80-an ini akan “punah” sekitar dua tahun lagi.

Efeknya, komputer yang dibekali UEFI baru tanpa modul CSM tidak akan sanggup menjalankan OS atau software lawas 32-bit alasannya ialah memang tak didukung oleh UEFI.

Ada juga beberapa hardware amis tanah menyerupai harddisk, kartu network, atau kartu grafis yang tak sanggup berjalan alasannya ialah belum kompatibel dengan UEFI dan masih membutuhkan proteksi BIOS lawas.

Kebanyakan hardware amis tanah ini yaitu yang dirilis sebelum tahun 2013. Software 32-bit masih akan sanggup berjalan lewat emulasi di OS 64-bit, tapi hardware lawas yang butuh tersambung dengan BIOS tidak akan sanggup berfungsi di komputer dengan UEFI baru nanti.

Kenapa proteksi BIOS mesti dihilangkan? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Anandtech, Senin (27/11/2017), ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut.

Salah satunya yaitu keamanan. UEFI lebih kebal terhadap upaya peretasan dengan Secure Boot yang mencegah hacker mengutak-atik isi harddisk sistem operasi. Secure Boot hanya sanggup aktif jika CSM dimatikan.

Selain itu, UEFI juga berkinerja lebih cepat serta mendukung banyak sekali hardware modern. BIOS, misalnya, tidak sanggup melakukan booting dari harddisk dengan kapasitas lebih dari 2,1 terabyte, sementara UEFI mendukung harddisk dengan kapasitas hingga 9,4 zettabytes (9.400.000.000 terabyte)

Sumber : Kompas.com

Belum ada Komentar untuk "Software Ini Segera Punah Sehabis 36 Tahun Hadir Di Semua Pc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel