Cara Menghitung Tabel Angka Pada Ms Word

Bagaimana sih Cara Menghitung Tabel Angka Pada MS Word? Pertanyaan ini sempat saya ucapkan waktu mempunyai peran ditempat kerja. Mungkin sahabat pengunjung yang sering membaca artikel saya sudah mengetahui apa profesi saya sebenarnya, lantaran telah beberapa kali saya sebutkan dalam artikel sebelumnya. Dengan dunia komputer dan jaringan internet, saya termasuk pemula. Banyak yang harus saya pelajari untuk karir saya, maupun hobi dalam ngeblog.

Karena tidak mengetahui cara tersebut, saya mencoba utak-atik microsoft word yang ada di laptop. Tapi pada balasannya tidak berhasil juga. Saya menyadari bahwa tidak semua ilmu didapat dengan coba-coba. Walaupun juga banyak ilmu yang saya mampu dalam blogger alasannya coba-coba (hehehe). Setelah tidak berhasil dengan coba menyoba, kemudian saya tanya ke mbah google, dan menerima artikel wacana cara tersebut, tapi artikel yang membahas wacana itu paling baru sekitar 2 tahun yang lalu. Walaupun demikian dari beberapa artikel tersebut, saya berhasil menghitung angka pada tabel microsoft word yang menjadi peran saya.

Oleh alasannya itu saya terinspirasi untuk mengupdate artikel tersebut melalui postingan ini. Dengan alasan yakni cara yang saya baca sebelumnya sedikit berubah dari yang saya temukan dalam menghitung jumlah angka pada tabel yang telah dibuat. Jadi yang saya akan bagikan disini yakni pengalaman faktual mengenai hal tersebut. Ini juga merupakan artikel pertama saya dalam membahas tips wacana komputer.

Baca Juga


Sebelum masuk ke caranya, sahabat harus mengetahui terlebih dahulu wacana formula untuk menhitung angka pada tabel tersebut. Formula pada microsoft word yakni tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word ibarat halnya pada rumus yang sering digunakan pada microsoft excel. Meskipun tidak sedetail ibarat pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel alasannya memang diperuntukan untuk menghitung ibarat halnya pada ms excel. Sehingga pada dikala data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.

Dengan menggunakan perintah fungsi SUM() atau dengan rumus tersebut, kita mampu secara otomatis melakukan perhitungan atau penjumlahan angka yang ada di tabel, baik berupa penjumlahan mendatar (horizontal) maupun meninggi(vertikal). Untuk lebih jelasnya, cara menghitung angka pada tabel microsoft word mampu disimak pada langkah-langkah berikut ini:
  1. Silahkan sahabat buka microsoft word, kemudian buka tabel angka tersebut.
  2. Selanjutnya letakkan kursor pada serpihan (sel) yang akan diisi dengan nilai penjumlahan, misalkan pada sel di kolom paling kanan atau paling bawah.
  3. Kemudian klik  Insert kemudian klik tombol Quick Parts , kemudian dari daftar pilihan yang ada klik tombol Field. Sobat lihat teladan pada gambar berikut :
  4. Selanjutnya pada dialog Field pilih Formula kemudian klik tombol Formula. Pada serpihan ini yang merupakan hal terpenting dalam mengatur rumusnya. Untuk tabel pemjumlahan horisontal rumusnya =SUM(LEFT) dan untuk tabel penjumlahan vertikal rumusnya =SUM(ABOVE).
  5. Lakukan cara ibarat di atas di setiap kolom penjumlahan lainnya.
  6. Untuk tabel penjumlahan campuran horinsontal dan vertikal, sebaik sahabat mengatur formula update otomatis dengan cara mencentang Preserve formatting during updates. Lebih terang lihat gambar berikut :
Demikian tutorial ini, agar tidak bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam respek buat sahabat pengunjung baru dan pengunjung setia.

Untuk Artikel menarik wacana Dunia Komputer anda mampu Check DISINI





Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Tabel Angka Pada Ms Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel