Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Dan Alasan Mengunakannya


Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis dan alasan mengunakannya


 selamat pagi semua pengunjung setia blog Milano Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis dan alasan mengunakannya

Bismillah,, selamat pagi semua pengunjung setia blog Milano-ruus yang supaya tetap dalam hidup yang harmonis dan fit dalam keseharian sehingga apapun yang teman Milano lakukan pasti maksimal bila kesehatan selalu dijaga. Dan besar doa kami supaya semuanya juga selalu dalam lindungan Allah SWT serta apa yang teman Milano lakukan hari ini menjadi asbab kita menerima Ilmu yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat banyak pada umumnya.

Baiklah teman Milano pada kesempatan ini kita akan membagikan tentang Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis dan alasan mengunakannya

Membuat sebuah situs website ialah salah satu cara ampuh dalam meningkatkan eksistensi di dunia maya, terlebih lagi bagi Rekan-rekan yang ialah seorang pebisnis online.

Sebelum membangun sebuah website, ada beberapa hal yang perlu Rekan-rekan perhatikan, salah satu hal yang paling penting ialah Hosting.

Hosting ini ialah sebuah pecahan yang sangat penting bagi berdirinya suatu website. Terlebih lagi bagi Rekan-rekan yang memang serius untuk mendirikan sebuah website untuk khalayak umum.

kemudian, bekerjsama apa sih Hosting itu? kenapa Hosting menjadi pecahan yang penting untuk diperhatikan saat akan membangun suatu website?

Temukan akibat dari pertanyaan diatas dalam pembahasan lengkap mengenai Hosting berikut ini:


1. Pengertian Hosting

Secara garis besar Hosting ialah sebuah daerah dimana kita mampu menyimpan aneka macam jenis data (foto, video, file, script, app dll) di dalam website rekan-rekan .

Didalam kehidupan sehari-hari, Hosting ini mampu kita ibaratkan sebagai sebuah lahan kosong. Rekan-rekan mampu membuat apa saja di atas lahan kosong ini.

Nah, sebelum Rekan-rekan membangun atau mendirikan bangunan di lahan tersebut, Rekan-rekan harus menyewa lahan tersebut kepada sang pemiliknya dengan harga yang telah ditentukan.

Harga ini mampu ditentukan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah: luas lahan, kondisi lahan, dan seberapa strategis lokasi tersebut.

Hal ini juga sama dengan Hosting. Harga untuk setiap Hosting itu berbeda-beda, ditentukan oleh kapasitas dari hosting itu sendiri. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin mahal harganya.


2. Fungsi Hosting

Ada dua fungsi utama dari adanya sebuah Hosting, diantaranya sebagai berikut:


#. Sebagai Tempat Peyimpanan Data

Seperti yang sudah kami ulas pada pembahasan diatas, bahwa Hosting ialah sebuah daerah penyimpanan data suatu website/situs web.

Dengan adanya Hosting ini maka Rekan-rekan sebagai admin website mampu dengan leluasa menyimpan data-data dari website yang Rekan-rekan miliki di Hosting tersebut.

Hosting sendiri memiliki beragam kapasitas, ada yang 30Mb, 80Mb, 100Mb, 1Gb, 2Gb dan sebagainya. Tentunya semakin besar kapasitas Hosting maka semakin banyak pula daerah yang mampu dipakai untuk menyimpan data.

Dan semakin besar kapasitas Hosting, juga akan membuat harga dari Hosting tersebut semakin mahal.


#. Memastikan Website Rekan-rekan Dapat Diakses 24 Jam

Selain sebagai daerah penyimpanan data, Hosting juga memiliki fungsi lain yaitu memastikan bahwa situs web Rekan-rekan mampu diakses dengan baik oleh para pengunjung/visitor.

Memilih Hosting yang tepat  ialah salah satu hal yang sangat penting. Sebab bila Rekan-rekan salah dalam memilih Hosting mampu saja akan berdampak pada situs website rekan-rekan , seolah-olah adanya error saat diakses dan sebagainya.

Oleh sebab ialah itu pastikan bahwa Rekan-rekan memilih Hosting yang cepat, dengan layanan yang sigap, dan tidak sering down.


3. Jenis-Jenis Hosting


#. Free Hosting

Sesuai dengan namanya, jenis Hosting yang pertama ini ialah Hosting gratis alias tidak perlu membayar.

Rekan-rekan mampu menerima Free Hosting di aneka macam website, seolah-olah Blogger.com, Wordpress.com, Tumblr.com, atau pun Weebly.com

Yang menjadi kekurangan dari Free Hosting ialah kapasitasnya yang terbatas, mungkin hanya beberapa GB saja. Selain itu layanan dari Free Hosting juga terbatas dan tidak sebagus Hosting berbayar.


# Shared Hosting

Shared Hosting ialah jenis Hosting berbayar yang biasanya memiliki harga terjangkau. Shared Hosting ini sering dipakai oleh situs blog eksklusif dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak.

Nah Shared Hosting ini bekerjsama ialah jenis Hosting berbayar yang memiliki layanan cukup mumpuni dan sudah lebih dari cukup untuk keperluan situs website pada umumnya.

Sistem kerja Shared Hosting ialah dengan menempatkan beberapa situs website kedalam satu server yang sama, dimana beberapa situs tersebut saling bertukar sumber daya seolah-olah RAM dan CPU.


#. Dedicated Hosting

Sistem kerja Dedicated Hosting pada dasarnya hampir sama dengan Shared Hosting, bedanya pada Dedicated Hosting ini, satu server hanya melayani satu buah situs website saja.


Oleh sebab ialah itu, Dedicated Hosting ini menjadi salah satu jenis Hosting yang memiliki layanan keamanan dan performa yang baik, karena satu server hanya melayani satu situs saja, tidak ada situs lain yang ikut memakai server tersebut.


#. VPS Hosting

VPS Hosting ialah akronim dari Virtual Private Server, ialah jenis Hosting yang memiliki kualitas dan performa mumpuni dan sangat baik ketimbang Shared Hosting.

VPS Hosting ialah jenis Hosting yang memiliki sumber daya lebih besar dari Hosting lainnya, oleh sebab ialah itu situs yang memiliki VPS Hosting mampu dengan leluasa menyimpan aneka macam jenis data.

Sedikit berita saja, bahwa VPS Hosting ini sangat cocok dipakai oleh situs website yang memiliki puluhan ribu pengunjung setiap harinya.


#. Cloud Hosting

Sedikit lebih unggul dari VPS Hosting ialah Cloud Hosting. Cloud Hosting ialah jenis Hosting yang terdiri dari banyak server yang saling berafiliasi satu sama lain.

Server-server ini nantinya akan saling berafiliasi untuk tetap menjaga kestabilan situs website. Makara apabila Rekan-rekan memakai layanan Cloud Hosting ini maka Rekan-rekan tidak perlu khawatir lagi bila situs Rekan-rekan akan error saat diakses.


4. Alasan Memilih Untuk Menggunakan Hosting

Sebenarnya memakai Hosting itu tidaklah wajib, namun bagi Rekan-rekan yang memang serius dalam mengurus situs website rekan-rekan , maka direkomendasikan memakai Hosting berbayar.

Apakah salah bila kami memakai layanan Hosting Gratis?

Tidak! memakai Hosting gratis tentu tidak ada salahnya, namun bila Rekan-rekan ialah seorang pemilik situs website yang sudah memiliki puluhan ribu pengunjung setiap harinya maka sekali lagi kami rekomendasikan untuk memakai Hosting berbayar.

Sebab apabila pengunjung situs Rekan-rekan sudah berjumlah ribuan namun masih memakai layanan Hosting gratis, dikhawatirkan nantinya situs Rekan-rekan akan down saat diakses.


Demikian pembahasan lengkap mengenai Hosting. Dengan memahami ulasan diatas, diharapkan nantinya Rekan-rekan sebagai pemilik situs website mampu lebih bijak dalam memakai Hosting.

Semoga bermanfaat dan memiliki kegunaan bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Dan Alasan Mengunakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel