Manfaat Memakai Lkpd Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013



Dalam pembelajaran kurikulum 2013 diharapkan pembelajaran terpusat pada siswa, maksudnya yaitu siswa di harapkan sanggup lebih mendominasi dalam melakukan program pembelajaran di dalam kelas. Guru sebagai fasilitator dan motivator yang berperan penting dalam kelancaran proses pembelajaran.

Pada kurikulum 2013, guru diharapkan bisa dalam menguasai teknologi terutama dalam mengakses dan membuat perangkat dan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Ada banyak media pembelajaran yang sanggup di manfaatkan oleh seorang guru dalam membantu berlangsungnya proses pembelajaran.



Salah satu media yang sanggup digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan media lembar kerja peserta didik atau sering di singkat dengan LKPD. Dengan menggunakan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) maka program guru dalam mengajar akan sangat terbantu lantaran yaitu didalam LKPD tersebut telah berisi kegitan-kegiatan yang sanggup membuat peserta didik kreatif dan aktif dalam mengerjakan latihan-latihan dan program yang ada di dalam LKPD tersebut.

lembar kerja peserta didik ( LKPD ) yang dibuat oleh seorang guru sanggup berupa panduan yang di dalamnya berisikan latihan-latihan yang terdiri dari beberapa program yang sanggup mengembangkan aspek kognitif dan semua aspek pembelajaran dalam hal pembelajaran kooperatif.




Menurut Trianto pada bukunya tahun 2013 halaman 223 di jelaskan bahwa lembar kerja peserta didik ( LKPD ) memuat sekumpulan program mendasar yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil mencar ilmu yang harus di tempuh. Dengan memaksimalkan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) maka peserta didik di harapkan sanggup menyelesaikan kompetensi dasar yang telah ditetapkan pada pembelajaran tersebut sehingga tujuan pembelajaran sanggup benar-benar tercapai dengan baik.

lembar kerja peserta didik ( LKPD ) sangat berperan penting dalam program siswa terutama dalam program pembelajaran kooperatif. Dalam menyusun lembar kerja peserta didik ( LKPD ) guru juga harus menunjukkan petunjuk yang terang dalam menggunakan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) tersebut sehingga peserta didik sanggup dengan simpel memahami program apa saja yang harus di tuntaskan dalam LKPD tersebut.

Selain penjelasan di atas, manfaat lain dari penggunaan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) yaitu proses pembelajaran tidak memakan waktu yang lama, lantaran yaitu program pembelajaran sudah terseting dengan baik sehingga seluruh rangkaian program pembelajaran sanggup terselesaikan dengan tepat waktu.

lembar kerja peserta didik ( LKPD ) juga melatih peserta didik untuk mengembangkan huruf bekerjsama atau kerja sama peserta didik dalam aktifitas program pembelajaran. Peserta didik juga sanggup terampil dalam menyelesaikan kiprah yang di berikan serta dengan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) siswa sanggup berani untuk tampil ke depan kelas dalam mempresentasikan hasil dari pekerjaan mereka masing-masing sehingga mental peserta didik sanggup terasah dan sanggup berkembang dengan baik sesuai dengan amanah yang harus di kembangkan dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013.

Dengan menunjukkan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) guru juga sangat terbantu lantaran yaitu pembelajaran tidak lagi terpusat hanya kepada guru saja melainkan sebaliknya yaitu pembelajaran menjadi terpusat kepada peserta didik ibarat yang di harapkan harus terjadi di dalam pembelajaran kurikulum 2013.

Guru di harapkan sanggup menjadi fasilitator dan motivator yang sanggup membuat proses pembelajaran sanggup berlangsung dengan baik dan menyenangkan sehingga peserta didik sanggup dengan simpel berinteraksi dan tidak takut dalam mengatakan pendapatnya di dalam kelas. Selain itu guru juga harus sanggup membimbing peserta didik dalam mengerjakan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) yang di berikan sehingga apa yang belum di pahami oleh peserta didik sanggup memperoleh jalan keluar dan pembelajaran sanggup di serap dan tersalurkan dengan baik.

Demikianlah manfaat yang sanggup di peroleh bagi guru dan peserta didik dalam menggunakan media lembar kerja peserta didik ( LKPD ) untuk program proses pembelajaran. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dalam mengembangkan media pembelajaran yang bermanfaat bagi kemajuan pembelajaran dalam dunia Pendidikan.


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Memakai Lkpd Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel