Cara Cek Dan Melihat Daftar Nama Peserta Pip Smp Tahun 2019


PIP Merupakan suatu acara pemerintah yang di beri nama Program Indonesia pandai yang bertujuan untuk memperlihatkan perlindungan kepada siswa atau peserta asuh yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Untuk bias menerima perlindungan PIP bagi siswa jenjang SMP maka syarat utamanya ialah harus memiliki kartu KIP atau sering di sebut sebagai kartu Indonesia pintar. Dengan memiliki kartu KIP maka peserta asuh akan menerima perlindungan berupa uang tunai yang di berikan oleh pemerintah dan di salurkan kepada peserta asuh yang kurang bisa dengan syarat harus memiliki kartu KIP.


Uang tunai yang diberikan tersebut di salurkan melalui bank yang telah di menetapkan dan hanya sanggup di ambil oleh peserta asuh yang bersangkutan atau boleh di ambil atau di wakilkan oleh pihak sekolah secara kolektif apabila daerah dan jarak Bank dari daerah asal di rasa sangat jauh dan merepotkan.

Jumlah uang yang di berikan oleh masing-masing peserta perlindungan PIP jenjang SMP ialah sebesar Rp. 375.000 per semester atau sebesar Rp. 750.000 selama satu tahun. Uang tersebut di gunakan untuk sanggup membantu peserta asuh dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya menyerupai membeli alat tulis berupa buku, polpen, atau membeli seragam sekolah serta aneka macam kelengkapan sekolah yang berhubungan dengan keperluan sekolah.

Di setiap satuan pendidikan khususnya pada jenjang SMP, tentunya kepala sekoalah akan menunjuk salah seorang pegawainya untuk menangani urusan yang berhubungan dengan penerimaan perlindungan PIP. Biasanya hal ini di tangani oleh operator sekolah ataupun bendahara sekolah.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya untuk sanggup mengetahui nama-nama daftar peserta perlindungan PIP SMP hanya sanggup dilakukan secara manual dengan melihat daftar nama peserta perlindungan PIP yang di keluarkan oleh pihak dinas kabupaten atau provinsi, maka pada tahun 2019 ini cara untuk melihat daftar nama-nama peserta PIP SMP sanggup dilakukan eksklusif secara online sehingga pihak sekolah sanggup memantaunya dengan praktis di setiap saat.

Pada postingan artikel saya kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengecek atau melihat atau cara untuk mengetahui daftar nama-nama peserta perlindungan PIP SMP secara online. Oleh karena itu berikut ini penjelasannya yang akan saya jabarkan secara lengkap dan mendetail serta di tampilkan dengan bentk gambar agar praktis untuk di pahami.

Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
Kemudian akan tampil menyerupai pada gambar di bawah ini


Agar bisa login silahkan simak keterangan berikut:
1. isi kolom “username” menggunakan nomor NPSN sekolah anda

2. isi “password” menggunakan nomor registrasi aplikasi dapodik sekolah anda

3. jikalau semua kolom telah diisi lanjutkan dengan mengklik “sign in



Setelah berhasil login maka akan tampil hidangan dashboard menyerupai pada gambar di bawah ini


Untuk melakukan pengecekkan silahkan klik ukiran pena “siswa” menyerupai pada gambar yang saya lingkari pada tanda panah di atas, sehingga akan tampil menyerupai pada gambar berikut


Nah kini saatnya anda mengecek nama-nama siswa peserta perlindungan PIP.
Untuk penjelasan pengisiannya berikut keterangannya.
1. pada kolom “Tahun” silahkan pilih tahun sesuai dengan tahun yang ingin kita gunakan untuk melakukan pengecekkan



2. pada kolom “Tahap” silahkan isi sesuai tahap pencairan PIP yang anda ingin cek



3. pada kolom “Status Pencairan” silahkan pilih sesuai status yang anda inginkan, dalam hal ini ada 3 jenis status ialah : Cair, Belum Cair, atau Semua( data yang sudah cair dan yang belum cair)


Jika semua kolom telah diisi sesuai pilihan, maka untuk melihat hasil datanya silahkan klik ukiran pena “search” menyerupai pada gambar di bawah ini



Berikut ini contoh tampilan nama-nama siswa yang telah berhasil di cek ( data sengaja saya samarkan)



Untuk mengunduh atau mendownload daftar nama-nama peserta perlindungan PIP SMP tersebut, maka silahkan anda klik ukiran pena download menyerupai pada gambar di bawah ini :


Apabila anda ingin mengetahui cara dan syarat untuk bisa mencairkan perlindungan PIP dengan praktis secara sanggup bangun diatas kaki sendiri ataupun secara kolektif, maka silahkan baca tutorial dan penjelasannya melalui judul di bawah ini :


== > Cara dan Syarat Mencairkan PIP Secara Mandiri atau Kolektif


Demikianlah penjelasan menganai cara mengetahui daftar nama-nama peserta perlindungan PIP SMP tahun 2019, semoga artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Dan Melihat Daftar Nama Peserta Pip Smp Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel