Tutorial Installasi Serta Setting Path Java Lengkap



Dasar Pemrograman Java 


Untuk memulai membuat sebuah acara dengan menggunakan bahasa Pemrograman dalam hal ini Java, sebelumnya admin akan menjelaskan sedikit perihal Dasar Algoritma sebagai langkah awal pemrograman. Dikutip dari en.wikipedia.org/wiki/Algorithm Algoritma adalah langkan-langkah untuk melaksanakan perhitungan. Jika digunakan bahasa dalam sehari-hari, algoritma mampu diartikan langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Tidak berbeda dengan langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam kehidupan sehari-hari, dalam komputer secara garis besar tiga langkah untuk mampu memperlihatkan informasi yang berguna bagi manusia. Langkah tersebut mampu dilihat pada diagram blok dibahaw ini. 

Untuk memulai membuat sebuah acara dengan menggunakan bahasa Pemrograman dalam hal ini  Tutorial Installasi Serta Setting Path Java Lengkap


Baiklah, pribadi saja kita membahas mengenai Dasar Pemrograman Java. Untuk memulai membuat acara dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu pada komputer harus terinstal compiler java . Compiler ini berfungsi untuk merubah aba-aba acara menjadi binnary yang mampu dijalankan pada komputer. Langkah-langkah installasi java pada komputer ialah sebagai berikut:
  1. Download Java Development Kit (JDK) dari situs resmi Oracle untuk Windows pada tutorial kali ini akan menggunakan JDK 7 Update67. http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
  2. Setelah berhasil download, lakukan lah proses installasi JDK. Caranya mampu dilihat menyerupai gambar-gambar dibawah ini. 

Klik dua kali pada aplikasi JDK yang telah berhasil di download, lalu akan muncul menyerupai gambar diatas lalu klik "Instal"
Menunggu proses status Installasi Java

Proses Installasi Java Berhasil, lalu klik "Close"
  3. Konfigurasi Java 
     Untuk mengambarkan apakah Java telah terinstal dengan baik dan mampu digunakan, caranya buka Command Prompt (CMD). 
Klik Start > All Program > Accessories > Command Prompt

atau mampu juga dengan menggunakan kombinasi keyboard Windows + R. 

Kemudian pada Kolom Run ketik "cmd" lalu OK kan.

Selanjutnya, terbuka jenda Command Prompt (CMD), kemudian ketik "javac" pala laman CMD. Jika terdapat pemberitahuan menyerupai berikut, berarti java belum mampu digunakan untuk mengcompile acara dari semua belahan komputer. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan Setting Path.
Java belum mampu digunakan untuk mengcompile program 
  4. Setting Path 
     Untuk setting path, klik kanan pada My Computer kemudian pilih properties:

Pada jendela Properties pilih Advanced System Settings

Kemudian Pilih Environment Variables pada Tab Advanced

Pada jendela Environment Variables pada Windows System Variables pilih Path, lalu klik 2 kali atau klik edit. 

Selanjutnya, masuk ke halaman Edit System Variable 



Geser kursor hingga kesebelah kanan, lalu tambahkan "lokasi_tempat_melakukan_installasi\bin" bila dalam tumpuan JDK terinstal pada C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_67\bin. 

Tambahkan ";" sebelum menambah Path File. 

Jika telah tamat melaksanakan installasi dan Setting Path Java, selanjutnya melaksanakan pengecekan apakah java telah terinstall dengan baik atau belum. Untuk melaksanakan pengecekan, kembali buka CMD Ssperti langkah konfigurasi java. Jika telah berhasil dan tampilan nya menyerupai berikut Java telah siap untuk digunakan. 

Demikianlah, Tutorial Dasar Pemrograman Java. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba... 



Belum ada Komentar untuk "Tutorial Installasi Serta Setting Path Java Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel