3 Tips/Cara Dari Mendikbud Untuk Menumbuhkan Kecerdikan Pekerti Pada Siswa

Begini cara Menteri Anies bagaimana menumbuhkan budi pekerti kepada siswa di sekolah, mari simak penjelasannya biar nanti bermamfaat..

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan membeberkan cara untuk menumbuhkan budi pekerti pada siswa.  yaitu:

1. Siswa diajarkan
2. Dibiasakan
3. Dilatih secara konsisten.

“Setelah itu akan menjadi kebiasaan pada siswa yang kemudian terbentuk huruf dan selanjutnya menjadi budaya terutama budaya di sekolah. Untuk menjadi budaya perlu melewati beberapa proses tersebut,” ujarnya

Anies menambahkan, budi pekerti tak boleh hanya dijadikan pengetahuan. Ketika budi pekerti tumbuh sebagai kebiasaan, huruf dan budaya bakal mengikuti dengan sendirinya.
“Harapannya para guru, para kepala sekolah, menyadari mulai tahun ini serius bicara tentang penumbuhan budi pekerti,” tutur Anies.

Anies mencontohkannya dengan budaya hidup bersih. Menurut Anies, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengajarkan siswa tentang cara hidup bersih dan bahaya hidup kotor.
Setelah itu siswa dibiasakan membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya. Siwa perlu mendapatkan teguran jika tak mau atau malah melanggar aturan tersebut.

"Jika hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan siswa maka akan tumbuh huruf siswa yang menyukai kebersihan dan tidak nyaman ketika melihat sampah bukan pada tempatnya serta berujung menjadi budaya bersih pada siswa,".


Sumber:  Jpnn.com


Belum ada Komentar untuk "3 Tips/Cara Dari Mendikbud Untuk Menumbuhkan Kecerdikan Pekerti Pada Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel