Contoh Pembukuan Dan Laporan Keuangan Bumdes Gratis [Aplikasi Excel-Pdf]

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai pola format pembukuan dan laporan keuangan BUMDes? Artikel ini mengulas apa dan bagaimana pembukuan beserta laporan program maupun laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sanggup didownload secara gratis. Baik dalam bentuk format Excel (xls) maupun Pdf.

BUMDes adalah suatu badan usaha milik desa yang dibentuk melalui musyawarah desa antara Pemerintah Desa bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta perwakilan masyarakat desa. Hasil musyawarah pendirian BUMDes ini kemudian dituangkan dalam Berita Acara. 


Dan Berita Acara BUMDes yang memuat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BUMDes kemudian di-jadikan dasar untuk pembahasan dan penetapan Peraturan Desa wacana Pendirian/Pembentukan BUMDes. Sejak itulah BUMDes dianggap ada secara resmi. Lebih lanjut, lihat Download Gratis Buku Panduan Pendirian Dan Pengelolaan BUMDes.

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai pola format pembukuan dan laporan keuangan Contoh Pembukuan Dan Laporan Keuangan BUMDes Gratis [Aplikasi Excel-Pdf]




Kali ini kita akan fokus untuk membahas seakan-akan apa jenis-jenis pembukuan BUMDes? Apa-apa saja yang mesti ada dalam Laporan Keuangan BUMDes? Dan juga bagaimana pola format laporan bulanan, triwulan, semester atau tahunan-nya? Itulah poin-poin pentingnya.

Baca Juga : 
Pembukuan Dan Laporan Keuangan Usaha BUMDes

Didalam file yang akan Kami bagikan ini, terdapat contoh-contoh pengisian manajemen BUMDes. Meskipun bukan Kami yang membuatnya, tapi setidaknya ini mewakili rasa kepedulian Kami kepada mereka yang mencari pola aplikasi manajemen BUMDes ini. Dan jangan hingga antara laba dan rugi usaha tidak diketahui sudah sejauh mana perkembangannya. 

Kami menulis mengenai topik BUMDes ini juga sebab adalah yaitu kami pernah menyinggung dalam postingan sebelumnya. Jika boleh silahkan, lihat pada artikel ini.


Alasan lain mengapa Kami mencoba menerbitkan artikel ini. Menurut Kami selain info mengenai pola usaha BUMDes yang menguntungkan, dokumen manajemen BUMDes tidak kalah penting untuk dibuat. Karena itulah mengkin, BPKP tahun kemudian telah menyebarkan dan meluncurkan (lauching) aplikasi/software SIA BUMDes (Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa). 


Seperti Format-administrasidesa.blogspot.com kutip dalam laman resmi BPKP, dikatakan bahwa SIABUMDES seakan-akan halnya SISKEUDES. Artinya ini software-nya gratis dan sanggup digunakan semua BUMDES. 

Untuk peraturan-peraturan terkait BUMDes secara teknis diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 4 tahun 2015 wacana Badan Usaha Milik Desa, silahkan buka di Kumpulan Permendesa Terbaru.

Sedangkan untuk aplikasi pembukuan keuangan desa, baik Pemerintah Desa maupun BUMDes. Sobat Desa sanggup cek pada artikel: KUMPULAN APLIKASI KEUANGAN DESA.

Mungkin bagi teman desa yang telah mengikuti training BUMDes sudah tidak absurd dengan contoh-contoh format manajemen BUMDes ini. Karena besar kemungkinan, teman desa telah memiliki file-file atau materi training BUMDes tersebut. 

Namun begitu, Kami akan tetap menyebarkan walaupun mungkin masih perlu disempurnakan lagi. 

Contoh "pembukuan keuangan BUMDes" dan "laporan keuangan BUMDes" dalam bentuk format microsoft Excel (xls) dan Pdf yang dikemas dalam file Winrar. Selain itu Kami coba juga membagikan software BUMDes gratis milik BPKP yang sanggup di-download oleh teman desa. Bagi teman desa yang membutuhkan silahkan teman desa download (unduh) pada link dibawah ini :


ATAU 

Contoh Pembukuan Dan Laporan Keuangan BUMDes Excel-Pdf (Dwindly.io)

Untuk aplikasi BUMDes versi BPKP sanggup didownload di :

Download Aplikasi SIA BUMDes 


Cara donwload file nya, silahkan lihat CARA MUDAH DOWNLOAD GRATIS DI BLOG . [ PENTING ]



Jika ada kendala tolong sampaikan kepada Kami melalui berbagai saluran. Namun merekomendasikan teman desa menyampaikan melalui kolom komentar facebook dibawah artikel ini.

Mungkin Sobat desa juga suka :



Demikian Contoh pembukuan dan Laporan Keuangan BUMDes "Gratis" [Aplikasi Excel-Pdf] yang sederhana ini, semoga bermanfaat bagi teman desa. Jika ada salah kata mohon dimaafkan. Kami berupaya menunjukkan yang terbaik kepada Sobat Desa semua. 

Terima kasih sudah berkunjung di Blog #FormatAdministrasi Desa - Portal Referensi Dan Preferensi Desa Se-Indonesia. #LaporanKeuanganBUMDes #Excel

Tag Search :
  • pembukuan bumdes
  • buku-buku bumdes
  • laporan keuangan bumdes excel
  • download laporan keuangan excel gratis
  • aplikasi keuangan bumdes
  • laporan keuangan bumdes
  • download laporan keuangan excel gratis
  • aplikasi keuangan bumdes excel
  • download laporan laba rugi excel
  • contoh laporan keuangan bulanan excel
  • aplikasi keuangan bumdes gratis
  • usaha bumdes yang menguntungkan
  • contoh usaha bumdes
  • contoh laporan keuangan bumdes excel
  • contoh pembukuan bumdes
  • materi training bumdes
  • software bumdes gratis
  • aplikasi bumdes bpkp

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pembukuan Dan Laporan Keuangan Bumdes Gratis [Aplikasi Excel-Pdf]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel