Cara Tambah Penerima Ajar Gres Di Dapodik Versi 2020

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.blogspot.com
Memasuki tahun pelajaran gres adalah tahun pelajaran 2019/2020 maka tentunya sebagai seorang operator sekolah mau tidak mau harus siap kembali melaksanakan program yang cukup berat dalam melaksanakan penginputan data ke dalam aplikasi dapodik.

Saat ini tim pengembang dapodik pusat telah membuat aplikasi dapodik versi terbaru yang di beri nama aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah maka anda harus memiliki persiapan yang baik sebelum melaksanakan penginputan data akseptor didik khususnya melaksanakan proses tambah akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.



Pada postingan saya kali ini, saya akan mengatakan tutorial mengenai cara menambah siswa gres atau cara tambah akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodik versi 2020. Bagi anda yang akan melaksanakan peran dalam menambah akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 maka anda harus sudah mempersiapkan data-data akseptor didik gres yang akan di masukkan ke dalam aplikasi dapodik versi 2020.

Tutorial yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara melaksanakan tambah akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 akan sangat membantu anda dalam melaksanakan proses tambah akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru dikala ini.

Namun sebelum anda melaksanakan penambahan siswa gres atau menambahkan akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka di harapkan anda telah mempersiapkan data - data dan biodata lengkap yang di sertai dengan bukti fisik dari dokumen akseptor didik gres yang akan di input kedalam aplikasi dapodik. Bukti fisik yang harus dipersiapkan antara lain adalah Ijazah akseptor didik baru/SKHU sementara, Akte Kelahiran, Kartu keluarga, KTP kedua orang tua serta formulir pengisian PPBD.

Apabila seluruh data akseptor didik gres telah lengkap maka tentunya proses dalam melaksanakan tambah akseptor didik gres akan mampu dilakukan dengan mudah.

Sekedar info bahwa untuk mampu melaksanakan penambahan siswa gres kedalam aplikasi dapodik versi 2020 maka anda hanya mampu melakukannya dengan cara online dan dengan cara menarik data akseptor didik gres tersebut dari sekolah asal menuju ke sekolah tujuan yang dalam hal ini adalah menuju kesekolah anda.

Proses tambah akseptor didik gres dengan cara menarik data akseptor didik dari sekolah asal ke sekolah tujuan mampu dilakukan dengan praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu cara menambah siswa gres ke dalam aplikasi dapodik versi 2020 mampu dilakukan bagi akseptor didik yang sekolahnya menggunakan aplikasi dapodik maupun tidak menggunakan aplikasi dapodik.


Baiklah berikut ini penjelasan mengenai cara untuk melaksanakan tambah akseptor didik gres atau tambah sisiwa gres ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru, dengan cara melaksanakan penarikan data akseptor didik gres secara online, dan mampu dilakukan dengan cara berikut ini :




  • Setelah itu akan tampil ibarat pada gambar di bawah ini dan silahkan klik gambar yang ada di atas ukiran pena “Manajemen Dapodik”



  • Kemudian akan muncul gambar berikut dan klik “ Kelola Data Pokok”



  • Setelah itu klik ukiran pena “Peserta Didik” dan dilanjutkan dengan mengklik ukiran pena “Tambah Peserta Didik”



  • Jika ingin melaksanakan penambahan akseptor didik gres maka pilih ukiran pena “Peserta Didik Baru”sedangkan jikalau ingin melaksanakan penambahan akseptor didik yang berasal dari siswa pindahan maka klik ukiran pena “Pindah/Mutasi”



  • Untuk melaksanakan penambahan akseptor didik gres yang bukan berasal dari dapodik maka pada hidangan “Sumber Data “ pilih ukiran pena “Tambah PD di Luar Dapodik”



  • Setelah itu untuk melaksanakan penambahan akseptor didik gres silahkan isi data akseptor didik gres tersebut sesuai dengan data yang wajib di isi pada tampilan tersebut dan langkah terakhir klik “Simpan”



Apabila anda telah berhasil melaksanakan proses penambahan akseptor didik gres ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru tersebut maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda harus melaksanakan syncronisasi data dapodik anda dengan tujuan agar seluruh data akseptor didik gres yang telah anda tambahkan tadi mampu secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2020, karena meskipun anda telah melaksanakan proses penambahan akseptor didik gres kedalam aplikasi dapodik namun anda belum melaksanakan syncronisasi dapodik anda maka data tersebut tidak akan masuk kedalam aplikasi dapodik anda.

Demikianlah cara untuk melaksanakan penambahan akseptor didik gres di aplikasi dapodik versi 2020 secara manual.
Semoga artikel yang saya buat ini mampu bermanfaat buat teman-teman operator yang membutuhkannya, dan apabila anda masih membutuhkan info lainnya seputar dapodik, maka anda mampu mengunjungi blog kherysuryawan.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Tambah Penerima Ajar Gres Di Dapodik Versi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel