49 Duduk Perkara Dan Solusi Dapodik Versi 2020


49 TANYA JAWAB DAPODIK VERSI 2020

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog yang beralamat di https://kherysuryawan.blogspot.com
Postingan kali ini akan membahas mengenai pekerjaan yang ada hubungannya dengan operator dapodik sekolah. Bagi anda yang merasa memiliki peran sebagai seorang operator dapodik sekolah dan sedang galau karena benyaknya permasalahan yang sedang anda alami khususnya dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi terbaru yang dikala ini di gunakan maka melalui postingan ini anda mampu memiliki solusi dari duduk masalah yang anda alami tersebut.

Seperti yang kita ketahui dikala ini bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020 aplikasi dapodik yang di gunakan oleh sekolah baik jenjang SD,SMP,SMA maupun SMK yaitu menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Dengan rilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka tentunya aka nada saja tantangan atau kesulitan yang akan di hadapi oleh setiap operator dapodik sekolah dalam menjalankan dan melakukan pengisian di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.



Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang dikala ini di gunakan dan melalui Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 ini terdapat beberapa perubahan serta pembaharuan yang terjadi dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Meskipun demikian apabila kita telah terbiasa melakukan penginputan pada aplikasi dapodik maka tentunya kita tidak akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi dapodik versi 2020 tersebut.

Bagi anda yang telah menginstal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 namun belum memiliki alur atau penduan dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020, maka pada kesempatan ini saya menganjurkan kepada anda untuk mampu membaca secara baik panduan dari penggunaan aplikasi dapodik versi 2020 sehingga dikala anda menghadai permasalahan seputar dapodik versi 2020 maka setidaknya anda mampu menemukan jawabannya pada buku panduan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut.
Bagi anda yang belum memiliki buku panduan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka melalui postingan ini anda pun mampu memiliki buku panduan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 secara gratis, dan untuk mampu mendapatkannya maka silahkan anda klik judul pada kepingan di bawah ini :
==> DOWNLOAD BUKU PANDUAN PENGERJAAN APLIKASIDAPODIKDASMEN VERSI 2020

Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 terdapat beberapa pembaharuan yang perlu anda ketahui supaya dikala anda membuaka Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka anda mampu memahami apa-apa saja yang menjadi pembeda antara aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan aplkasi dapodik versi 2020 dikala ini.
Baiklah berikut ini saya tampilkan jenis – jenis pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 :

1.  [Pembaruan] Perubahan metode perhitungan pada kondisi Ruang dan Bangunan

2.  [Pembaruan] Perubahan alur manajemen jalan masuk pengguna

3.  [Pembaruan] Perubahan metode sekuriti pada password

4.  [Pembaruan] Perubahan alur penginputan sanitasi

5.  [Pembaruan] Pemutahiran validasi pada dikala sebelum sinkronisasi

6.  [Pembaruan] Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat kalau sumber listrik memilih Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah

7.  [Pembaruan] Penambahan atribut No KK pada akseptor didik

8.  [Pembaruan] Penambahan atribut No KK dan NUKS pada GTK

9.  [Pembaruan] Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik akseptor didik

10. [Pembaruan] Pemecahan formulir sarpras menjadi 3 bagian`

11. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Tanah dan Bangunan

12. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Ruang

13. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Alat, Angkutan dan Buku

14. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah

15. [Pembaruan] Penambahan tampilan baris berwarna jingga kalau pada Menu Alat sarana tidak sesuai dengan Standar Sarpras yang berlaku

16. [Pembaruan] Penambahan pengisian NJOP setiap Tahun Ajaran gres pada Menu Tanah

17. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilan grouping berdasarkan jenis prasarana pada Menu Ruang dan Alat

18. [Pembaruan] Penambahan fitur Tampilkan dan Sembunyikan pada Menu Ruang dan Menu Alat untuk mempermudah pengisian Operator Sekolah

19. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu GTK

20. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor dan Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik

21. Integrasi hasil output PPDB untuk siswa gres ke dalam database dapodik

22. Kelulusan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13

23. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK

24. Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data KIP, KPS, PKH

25. Penambahan tumpuan mata pelajaran informatika dan penentuan sekolah yang melakukan pelajaran tersebut

26. Penyesuaian Jumlah Jam Mengajar max pada struktur Kurikulum SLB

27. Perubahan bisnis proses penambahan jurusan/ kompetensi keahlian oleh SMK

Dari beberapa pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut maka seringlah timbul pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan adanya pembeharuan tersebut sehingga terkadang banyak operator sekolah yang terkendala dengan proses pengerjaan aplikasi dapodik 2020.

Dalam setiap permasalahan khususnya duduk masalah yang sering terjadi dan sering di alami oleh operator dapodik sekolah khususnya yang berhubungan dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tentunya ada solusi dari setiap permasalahan tersebut.
Pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan sekaligus membagikan beberapa jenis pertanyaan dan solusi yang ada hubunggannya dengan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Beberapa pertanyaan dan solusi yang akan di jabarkan pada postingan ini yang berhubungan dengan pertanyaan seputar Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020  yaitu memiliki 49 jenis pertanyaan beserta solusinya baik yang berhubungan dengan adanya pembaharuan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maupun pertanyaan umum yang sering menjadi permasalahan bagi setiap operator dapodik sekolah yang mengalami hambatan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Baiklah berikut ini 49 jenis pertanyaan/Permasalahan dan solusinya yang berupa tanya jawab duduk masalah dapodik versi 2020 :


[PEMBARUAN] PERUBAHAN METODE PERHITUNGAN PADA KONDISI RUANG DAN BANGUNAN


1.Komponen kerusakan mirip apa yang melekat pada bangunan dan ruangan?

Untuk mampu melihat kerusakan apa saja yang melekat pada bangunan dan ruangan mampu dicek melalui tombol kondisi ruang. Terdapat perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan komponen tersebut

2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan dan ruang ?

Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama kali yang harus dimasukan yakni data tanah. Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor sertifikat tanahnya. Setelah data tanah  tersimpan, lakukan penambahan  banguan  apa saja  yang  berdiri  diatas tanah  yang dibuatkan. Setelah data banguan dibuat maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa saja yang ada dalam bangunan tersebut.


[PEMBARUAN] PERUBAHAN ALUR MANAJEMEN AKSES PENGGUNA


3.  Bagaimana cara menambah/ mengubah password PTK

Cara mengubah password pertama kali dikala login aplikasi dapodik versi 2020. Akan diminta perubahan password untuk memastikan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan peran pengguna operator  sekolah.  Adapun  manajemen  pengguna  selanjutnya  dapat  dilakukan  melalui sajian pengaturan pilih manajemen pengguna


[PEMBARUAN] PEMUTAHIRAN VALIDASI PADA SAAT SEBELUM SINKRONISASI


4.  Apa pengaruhnya kalau di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?

Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya mampu dilakukan kalau semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.

5.  Apa pengaruhnya kalau di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?

Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan mampu dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT JARAK KE SUMBER LISTRIK TERDEKAT JIKA SUMBER LISTRIK MEMILIH TIDAK ADA PADA TABULASI DATA PERIODIK SEKOLAH


6.  Jika sekolah tidak memiliki listrik, apa yang harus diisi di kolom sumber listrik?

Data rincian sekolah terkait dengan sumber listrik menjadi kewajiban untuk diisi kalau sekolah tidak memiliki sumber listrik pastikan memilih “Tidak Ada”. untuk pilihan lainnya kalau sumber listrik yang tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT NO KK PADA PESERTA DIDIK


7.  Jika akseptor didik belum memiliki KK, apa imbas nya di dapodik ?

Peserta didik yang  belum memiliki KK atau belum mengisikan  nomor  KK ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka masih berstatus warning.

8.  Apakah wajib mengisi KK

Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi data isian akseptor didik dengan selengkap-lengkapnya


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT LINGKAR KEPALA PADA DATA PERIODIK PESERTA DIDIK


9.  Apa maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?

sebagai data untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan memetakan permasalah/ info stunting

10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar kepala, apa dampak nya di dapodik ?

Dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di lakukan validasi kelengkapan

[PEMBARUAN] PEMECAHAN FORMULIR SARPRAS MENJADI 3 BAGIAN


11. Apa saja pemisahan data di prasarana?

Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya mirip pada dikala akan membuat Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk  pembuatan  ruang  sekolah diharuskan membuat  terlebih dahulu Bangunan.  Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, kalau sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record).

12. Apa saja pemisahan data di tabel sarana ?

Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang.

13. Isian record tanah berdasarkan apa ?

Status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah memiliki sebidang tanah tetapi memiliki 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.

14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?

Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.

15. Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?

Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud yakni untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.

16. Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut?

Klik 2x pada isian tersebut, data dummy mampu dirubah dan mampu menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya mampu menggunakan tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU TANAH DAN BANGUNAN


17. Apa saja isian pada sub sajian tanah ?

Berbagai isian pada sub sajian tanah yakni penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud yakni luas tanah  tersebut, lahan kosong,  lapangan.  Setiap jenis  tersebut jika  ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus dilengkapi. Menu lainnya yakni apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? kalau iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada sajian aksi.

18. Apa saja isian pada sub sajian bangunan ?

Berbagai isian pada sub sajian bagunan yakni penambahan bangunan, bangunan daerah ibadah, kebun, taman, daerah bermain. Setiap jenis tersebut kalau ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya mirip kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya yakni bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada sajian dihasilkan dari blogrant.


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU RUANG

19. Apa saja isian pada sub sajian ruang?

Ruang  di  aplikasi versi  2020 di  bagi  menjadi  beberapa  jenis ruang  yaitu  ruang  kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masing- masing.


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU ALAT, ANGKUTAN DAN BUKU

20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?

Buku teks yakni buku tumpuan yang dijadikan rujukan sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.

21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?

Buku non teks yakni katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks

22. Apa yang di maksud dengan angkutan ?

Angkutan yakni kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari:
sepeda, motor, mobil, perahu

23. Apa yang di maksud dengan alat ?

Alat yakni segala sarana yang dimiliki oleh sekolah


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABULASI PENDIDIKAN KELUARGA PADA DATA RINCI SEKOLAH


24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?

Pendidikan keluarga yakni kelas pelengkap yang diselenggarakan  oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara sebetulnya dengan sekolah, terdiri dari kelas wangsit dan kelas parenting


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TAMPILAN BARIS BERWARNA JINGGA JIKA PADA MENU ALAT SARANA TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR SARPRAS YANG BERLAKU


25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan tampilan baris berwarna jingga ?

Isikan jumlah yang sesuai atau abaikan kalau memang  tidak memiliki sarana tersebut, hal ini sebagai sarana edukasi ke sekolah antara data dan standar


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR PADA MENU GTK


26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi?

Ya, wajib. Untuk mengetahui izin kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia

27. Apa dampaknya kalau tidak diisi ?

Dapodik sekolah tidak mampu melakukan sinkronisasi karena bersifat mandatory, invalid/ mencegah sinkronisasi  jika tidak diisi


[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR DAN KESEJAHTERAAN PADA MENU PESERTA DIDIK


28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?

Untuk akseptor didik bersifat warning

29. Apa dampaknya kalau KITAS tidak diisi ?

Masih mampu melakukan sinkronisasi


INTEGRASI HASIL OUTPUT PPDB UNTUK SISWA BARU KE DALAM DATABASE DAPODIK


30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output PPDB ke dapodik ?

sebagai upaya percepatan dan optimasi output/ hasil PPDB yang ada di daerah mampu di masukkan ke dalam database dapodik pusat secara otomatis.


31. Apa manfaatnya integrasi PPDB ke dapodik?

Mempercepat  proses penginputan  data khusus nya  data siswa baru,  meningkatkan  mutu  data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan meningkatkan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik


32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam dapodik ?

Difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat,

33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke dapodik ?

Data siswa gres dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa gres dari sekolah asalnya.


KELULUSAN BERSAMA SISWA TINGKAT AHIR, 6, 9, 12 DAN 13


34. Apa yang di maksud dengan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?

Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan

35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang harus dilakukan ?

lapor ke  admin  dinas pendidikan  untuk  dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut. Selanjutnya

36. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa gres ke dalam aplikasi dapodik?

dengan  menggunakan  web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login  sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.

37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK, untuk apa?

hal  ini  untuk  menjaga  konsistensi keterisian data  tersebut.  Karena  yang  mengeluarkan   SK
pengangkatan yakni dinas pendidikan setempat.

38. Bagaimana kalau ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK?

Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya mampu diperbaiki
oleh admin dinas pendidikan



PENAMBAHAN TABEL KESEJAHTERAAN_PD DAN MIGRASI DATA KIP, KPS, PKH


39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul lagi di tabel akseptor didik,?

Sebab Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan akseptor didik

40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang harus dilakukan di aplikasi dapodik ?

Buka tabel kesejahteraan akseptor didik, kemudian inputkan nomor kartu di tabel tersebut.



PENAMBAHAN  REFERENSI MATA PELAJARAN  INFORMATIKA DAN  PENENTUAN  SEKOLAH YANG  MELAKSANAKAN PELAJARAN TERSEBUT

41. Apa dasar sekolah yang menyelenggarakan  mapel Informatika?

Sekolah yang mampu menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan berguru yakni sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2019.

42. Bagaimana pembagian jam informatika dengan mapel prakarya untuk SMP?

Jika dalam 1 rombel  terdapat guru  yang mengampu  mata pelajaran  Informatika maka mapel prakarya tidak mampu diampu oleh guru yang lain di rombongan berguru yang sama

43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk jenjang SMA?

Untuk mata pelajaran  Informatika pada jenjang  SMA pengentriannya pada rombongan  belajar
Lintas Minat

44. Mapel informatika akan linear dengan PTK sertifikasi apa?

Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang bersertifikasi TIK

45. Pada jenjang SMK, pemilihan jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam sajian sekolah terdapat bisnis proses yang berbeda, apa itu?

Pemilihan jurusan/kompetensi yang dilayani oleh sekolah sekarang dilakukan melalui Manajemen
Dapodikdasmen oleh Admin Dinas Provinsi

46. Jika SMK ingin membuka jurusan/ kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang harus dilakukan ?

penambahan jurusan/kompetensi gres pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dilakukan melalui manajemen dinas oleh Admin Dapodikdasmen provinsi

47. Jika kompetensi/jurusan SMK sudah pernah dibuka  tahun sebelumnya, apakah perlu ke dinas pendidikan provinsi lagi?

jika SMK sudah pernah membuka jurusan sebelumnya maka tidak perlu lapor ke dinas pendidikan

48. Jika ada kompetensi/jurusan dari tahun sebelumnya akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?

Penutupan jurusan/kompetensi dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan
cara tidak perlu memilih jurusan tersebut di pembelajaran rombel)

49. Jika ada pendirian SMK baru, bagaimana cara pengisian jurusan/kompetensi keahlian terkait bisnis proses yang gres ini?

Untuk pemilihan jurusan/kompetensi bagi sekolah SMK yang gres berdiri dilakukan melalui Admin
Dinas pada Manajemen dapdoikdasmen. Dengan kata lain, sekolah SMK gres harus menambahkan jurusan/kompetensi, PTK gres dan siswa di dinas pendidikan sebelum melakukan registrasi/prefill di apliaksi dapodik sekolah.

................................................................................................................ 

Demikianlah beberapa jenis pertanyaan dan solusi seputar aplikasi dapodikdasmen versi 2020, agar dengan di bagikannya postingan ini mampu membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengahadapi hambatan dalam melakukan pengerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Semoga bagi anda yang mengalami duduk masalah yang ada hubungannya dengan tanya jawab yang telah saya berikan pada postingan kali ini mampu membantu anda menerima jalan keluarnya sehingga pekerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 mampu berjalan dengan baik , sehingga sekolah anda mampu mengahsilkan proses pengisian data yang akurat dan benar pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Apabila anda masih membutuhkan info lainnya yang ada hubunggannya dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka silahkan anda kunjungi blog kherysuryawan.blogspot.com, karena melalui blog tersebut saya selalu berusaha untuk mampu membuatkan seputar info dapodik versi terbaru.

Belum ada Komentar untuk "49 Duduk Perkara Dan Solusi Dapodik Versi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel