Contoh Rab Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

RAB Pemeliharaan Gedung Kantor - Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang wajib disusun atau dibuat oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) adalah Rencana Anggaran Biaya, atau disingkat RAB. Artikel ini mencoba mengulas contoh RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa berbasis aplikasi microsoft excel (xls) dan PDF. Apakah Anda sedang mencari pola format RAB Pemeliharaan Gedung Kantor Desa atau Prasarana-Nya terbaru? Wah, kebetulan sekali!

Seperti biasa, artikel "Aplikasi Excel+PDF RAB Kegiatan Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa (bill of quantity example for maintenance of village office buildings)" ini yaitu tanggapan Blog format-administrasi-desa.blogspot.com kepada Sobat Desa yang sudah request. Jadi, jikalau Sobat memiliki usulan, saran, masukan, atau kritikan yang konstruktif lainnya terkait manajemen desa. Silahkan sampaikan kepada Kami. Tentu itu sangat Kami apresiasi. 

Artikel ini mencoba menyampaikan highlight atau gambaran umum mengenai:
Apa itu RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa? Bagaimana Prosedur/Mekanisme Penyusunan-nya atau Pembuatan-Nya? Siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun RAB ini sesuai Peraturan Perundang-undangan? Apa saja pola jenis, rincian, dan uraian rincian RAB Kegiatan Pemeliharaan atau Perawatan Gedung Kantor Desa? Dan bagaimana pola format-Nya?
Apa itu RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa? Dan Bagaimana Prosedur Penyusunan-nya?

RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada agenda Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa. Kegiatan ini termasuk sub bidang Sarana dan Prasarana Pemerintahan Desa dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk isyarat rekening untuk agenda ini yaitu 1.2.02.

Kita tahu bersama, setelah Perdes ihwal APBDes dan Perkades ihwal Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).



Siapa PKA Kegiatan Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa?

Untuk menentukan siapa PKA (baca juga: dulu disebut PK/Pelaksana Kegiatan) yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB agenda Perawatan/Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa, maka kita perlu sesuaikan dengan peran dan fungsi-nya (tupoksi). Secara umum, sesuai tupoksi-nya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk agenda ini adalah Kaur Tata Usaha dan Umum. Karena itu, tidak salah juga jikalau dikatakan ini yaitu salah satu contoh RAB Kaur Tata Usaha dan Umum.


Belanja Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa Menurut Jenis-nya

Belanja agenda Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa menurut jenis-nya, yaitu termasuk Belanja Barang dan Jasa

Contoh Rincian Belanja Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

Berikut ini pola rincian agenda Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa, meliputi:
  • Belanja Pemeliharaan Bangunan (Pengecatan Kantor Desa, dan lain-lain)
  • Belanja Pemeliharaan Air Bersih, jaringan Air Limbah, Persampahan, dan lain-lain dilingkungan Kantor Desa
  • Belanja Pemeliharaan Jaringan dan Instalasi (Listrik, Telepon, Internet, Komunikasi, dll) Wilayah Kantor Desa seakan-akan Biaya Pemeliharaan Jaringan Listrik, Biaya Pemeliharaan Jaringan Telephone, Biaya Pemeliharaan Jaringan Internet, Biaya Pemeliharaan Jaringan Komunikasi
  • Belanja Pemeliharaan Lainnya

Contoh Uraian Rincian Belanja Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

Untuk uraian agenda Pemeliharaan/Perawatan Gedung/Prasarana Kantor Desa sebagaimana sudah Kami sebutkan tersebut, telah Kami buat dalam bentuk file format Pdf dan Excel (Xls).

 Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran  Contoh RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

Untuk Sobat Desa yang membutuhkan uraian rincian Contoh RAB (bill of quantity example/BOQtersebut sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2018 dan Aplikasi Siskeudes terbaru. Silahkan Anda download pada link download berikut ini:

Boq Format Excel (xls):

Silahkan Anda download (unduh) gratis file BOQ tersebut. Dalam format kali ini, Sobat Desa tidak perlu memasukkan password, alasannya ialah yakni yaitu Kami tidak memasang password di contoh RAB tersebut. 

Untuk tipe file nya Kami sengaja membuat 2 jenis file, yakni Excel dan PDF. Lebih aplikatif dan variatif. Makara terserah Sobat Desa saja mau download yang mana. Kalau tidak mau repot, download saja dua-duanya.

Catatan: Untuk besaran satuan harga barang/jasa dan volume satuan-nya  dalam RAB, silahkan merujuk pada Standar Harga atau Standarisasi harga barang dan jasa yang berlaku di Kabupaten/Kota Anda.

Secara umum, RAB yaitu salah satu DPA yang sangat penting dan dijadikan sebagai pedoman/standar pelaksanaan agenda di Desa oleh PKA/Tim Pengelola Kegiatan (TPK)/Tim Pengadaan Barang/Jasa (TPBJ). 

Meskipun begitu memang harus diakui, dokumen RAB yang mengacu pada APBDes awal tersebut, juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan. Sesuai sop/mekanisme pengelolaan keuangan desa, RAB Perubahan disusun oleh PKA dalam hal terjadi perubahan Peraturan Desa ihwal APBDes dan/atau Perubahan Peraturan Kepala Desa ihwal Penjabaran APBDes yang menjadikan perubahan anggaran agenda (PAK) dan/atau terjadinya perubahan kegiatan. 


Jika Anda membutuhkan pola kelengkapan bukti transaksi pembayaran pengadaan barang/jasa atau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Kegiatan Pemeliharaan Gedung/Bangunan Kantor Desa. Dan untuk Contoh RAB Pemeliharaan Gedung Sekolah, contoh RAB Struktur Baja (sample boq for steel structures), dan pola RAB Konstruksi (bill of quantity for construction) lainnya. Mudah-mudahan sanggup Kami review pada artikel berikutnya. 

Untuk itu, Kami sangat sarankan Anda silahkan "SUBSCRIBE" (ada diatas) dan "BERLANGGANAN GRATIS" (ada dibawah artikel ini). 

 Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran  Contoh RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa




Untuk apa? Bukan hanya gratis sih. Dengan Anda Subscribe dan Berlangganan Gratis, Anda akan mendapat pemberitahuan (notification) artikel-artikel terbaru dari Kami langsung melalui Handphone atau Laptop Anda maupun via Email Anda. It's simple guys!

Untuk pola format manajemen desa dan sistem pengelolaan keuangan desa lainnya, silahkan Anda cari sesuka Anda. Ada ratusan pola form dan file yang sanggup Sobat Desa download dengan mudah. Okay?

BAGIKAN LINK ARTIKEL INI KE SOBAT DESA YANG MEMBUTUHKAN!

BERITAHU KAMI APAPUN ITU, JIKA ADA HAL-HAL YANG INGIN SOBAT DESA SAMPAIKAN!

Cek juga: Contoh RAB Operasional Kantor [Aplikasi Excel+PDF]

Demikian review mengenai Contoh RAB Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa [Aplikasi Excel+PDF] yang merupakan salah satu RAB Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, khususnya para Kaur Tata Usaha dan Umum atau Perangkat Desa ditugaskan untuk membuat RAB ini, baik secara Manual maupun menggunakan Aplikasi Siskeudes

Belum ada Komentar untuk "Contoh Rab Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel