Contoh Rab Pelayanan Manajemen Umum Dan Kependudukan

RAB Pelayanan - Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang wajib disusun atau dibuat oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) adalah Rencana Anggaran Biaya, atau disingkat RAB. Artikel ini mencoba mengulas contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan berbasis aplikasi microsoft excel (xls) dan PDF. Apakah Anda sedang mencari teladan format RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan terbaru? Wah, kebetulan sekali!

Seperti biasa, artikel "Aplikasi Excel+PDF RAB Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan di Desa" ini ialah balasan Blog format-administrasi-desa.blogspot.com kepada Sobat Desa yang sudah request. Jadi, jikalau Sobat memiliki usulan, saran, masukan, atau kritikan yang konstruktif lainnya terkait manajemen desa. Silahkan sampaikan kepada Kami. Tentu itu sangat Kami apresiasi. 

Artikel ini mencoba menunjukkan highlight atau gambaran umum mengenai:
Apa itu RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan? Bagaimana Prosedur/Mekanisme Penyusunan-nya atau Pembuatan-Nya? Siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun RAB ini sesuai Peraturan Perundang-undangan? Apa saja teladan jenis, rincian, dan uraian rincian RAB Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan? Dan bagaimana teladan format-Nya?
Apa itu RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan? Dan Bagaimana Prosedur Penyusunan-nya?

RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada program Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan menyerupai Surat Pengantar, Pelayanan KTP (Kartu Tanda Penduduk), Kartu Keluarga, dan lain-lain. Kegiatan ini termasuk sub bidang Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik, dan Kearsipan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk aba-aba rekening untuk program ini ialah 1.3.01.

Kita tahu bersama, setelah Perdes wacana APBDes dan Perkades wacana Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).



Siapa PKA Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan?

Untuk menentukan siapa PKA (baca juga: dulu disebut PK/Pelaksana Kegiatan) yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan, maka kita perlu sesuaikan dengan peran dan fungsi-nya (tupoksi). Secara umum, sesuai tupoksi-nya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk program ini adalah Kaur Tata Usaha dan Umum. Dengan kata lain, RAB ini ialah RAB Kaur Tata Usaha dan Umum.


Belanja Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan (General Administration and Population Services) Menurut Jenis-nya

Belanja program Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan di Desa menurut jenis-nya, ialah termasuk Belanja Barang dan Jasa

Contoh Rincian Belanja Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Berikut ini teladan rincian program Pengelolaan Administrasi Umum dan Kependudukan (General Administration and Population Management), meliputi:
  • Belanja Barang Perlengkapan Kantor (seperti Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Benda Pos, Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran, Perlengkapan Cetak/Penggandaan, dan lain-lain)
  • Belanja Jasa Honorarium
  • Belanja Perjalanan Dinas
  • Dan lain-lain

Contoh Uraian Rincian Belanja Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Untuk uraian program Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan sebagaimana sudah Kami sebutkan tersebut, telah Kami buat dalam bentuk file format Pdf dan Excel (Xls).

Untuk Sobat Desa yang membutuhkan uraian rincian Contoh RAB (bill of quantity example/BOQtersebut sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2018 dan Aplikasi Siskeudes terbaru. Silahkan Anda download pada link download berikut ini:

Boq Format Excel (xls):

Silahkan Anda download (unduh) gratis (free) file BOQ tersebut. Dalam format kali ini, Sobat Desa tidak perlu memasukkan password, karena ialah Kami tidak memasang password di contoh RAB tersebut. 

Untuk tipe file nya Kami sengaja membuat 2 jenis file, yakni Excel dan PDF. Lebih aplikatif dan variatif. Makara terserah Sobat Desa saja mau download yang mana. Kalau tidak mau repot, download saja dua-duanya.

Catatan: Untuk besaran satuan harga barang/jasa dan volume satuan-nya  dalam RAB, silahkan merujuk pada Standar Harga atau Standarisasi harga barang dan jasa yang berlaku di Kabupaten/Kota Anda.

Secara umum, RAB ialah salah satu DPA yang sangat penting dan dijadikan sebagai pedoman/standar pelaksanaan program di Desa oleh PKA/Tim Pengelola Kegiatan (TPK)/Tim Pengadaan Barang/Jasa (TPBJ). 

Meskipun begitu memang harus diakui, dokumen RAB yang mengacu pada APBDes awal tersebut, juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan. Sesuai sop/mekanisme pengelolaan keuangan desa, RAB Perubahan disusun oleh PKA dalam hal terjadi perubahan Peraturan Desa wacana APBDes dan/atau Perubahan Peraturan Kepala Desa wacana Penjabaran APBDes yang menimbulkan perubahan anggaran program (PAK) dan/atau terjadinya perubahan kegiatan. 


Jika Anda membutuhkan teladan kelengkapan bukti transaksi pembayaran pengadaan barang/jasa atau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan. Dan untuk contoh RAB Konstruksi (bill of quantity for construction) lainnya. Mudah-mudahan sanggup Kami review pada artikel berikutnya. 

Untuk itu, Kami sangat sarankan Anda silahkan "SUBSCRIBE" (ada diatas) dan "BERLANGGANAN GRATIS" (ada dibawah artikel ini). 



Untuk apa? Bukan hanya gratis sih. Dengan Anda Subscribe dan Berlangganan Gratis, Anda akan mendapat pemberitahuan (notification) artikel-artikel terbaru dari Kami langsung melalui Handphone atau Laptop Anda maupun via Email Anda. It's simple guys!

Untuk teladan format manajemen desa dan sistem pengelolaan keuangan desa lainnya, silahkan Anda cari sesuka Anda. Ada ratusan teladan form dan file yang sanggup Sobat Desa download dengan mudah. Okay?

BAGIKAN LINK ARTIKEL INI KE SOBAT DESA YANG MEMBUTUHKAN!

BERITAHU KAMI APAPUN ITU, JIKA ADA HAL-HAL YANG INGIN SOBAT DESA SAMPAIKAN!

Cek juga: Contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Demikian review mengenai Contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan [Aplikasi Excel+PDF] yang merupakan salah satu RAB Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, khususnya para Kaur Tata Usaha dan Umum atau Perangkat Desa ditugaskan untuk membuat RAB ini, baik secara Manual maupun menggunakan Aplikasi Siskeudes

Belum ada Komentar untuk "Contoh Rab Pelayanan Manajemen Umum Dan Kependudukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel