Mengenal Banyak Sekali Genre Game

Halo sahabat surga software , kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game!!





Nah, game itu ternyata memiliki beberapa genre (jenis) . Pasti pembaca surga software suka bermain game , tapi mungkin pembaca surga software hanya senang bermain beberapa genre ataupun semua genre game . Berikut yaitu beberapa genre game yang ada sekarang , cekidot gengs !

1. FPS (First Person Shooter) 
Game bertipe FPS biasanya dipakai untuk game-game bergenre perang (war) atau tembak-tembakan. Monitor komputer kita mirip menjadi mata dari huruf game yang kita kendalikan. Game ini hanya menawarkan kedua tangan dan senjata huruf game yang kita kendalikan, tidak menawarkan seluruh tubuhnya. Dengan kata lain, game FPS memakai sudut pandang pertama (aku) dalam menggerakkan huruf game. Contoh game FPS yang terkenal yaitu Call of Duty. Game FPS lain yang tidak kalah terkenalnya yaitu Counter Strike. Selain game perang, ada juga pola lain game bertipe FPS yang bukan tembak-tembakan, yaitu Dead Island yang diperuntukkan bagi gamer berjantung baja dan tidak punya penyakit latah akut.

 
Counter Strike : Global Offensive

2. TPS (Third Person Shooter) 
TPS yaitu kebalikan dari FPS. TPS memakai sudut pandang ketiga (dia). Di layar monitor kita bisa lihat seluruh tubuh huruf game yang kita kendalikan, atau minimal dari pinggang ke atas. Contoh game bertipe TPS antara lain Uncharted bergenre action adventure, Resident Evil action horror, Mass Effect action sci-fi, Crysis action sci-fi, Grand Theft Auto action criminal, dan masih banyak lagi. Biasanya satu game bertipe salah satu saja, entah FPS atau TPS. Jarang sekali game yang memakai keduanya. Game yang saya tahu yang memakai keduanya yaitu Skyrim. Gamer bisa memilih tipe FPS atau TPS sesuai selera. Game ibarat ini pastinya harus didukung dengan kemampuan console atau komputer yang memadai.
Resident Evil 4

3. Platform Game 
Platform game merupakan game unik dan memiliki sistem permainan yang simpel. Platform game biasanya mengharuskan gamer untuk melewati beberapa rintangan untuk mencapai goal, entah itu puzzle, musuh di tengah jalan, atau melompati jurang. Contoh game platform terkenal dan melegenda yaitu Mario Bros dan Sonic. Platform game biasanya disajikan dalam tampilan 2 dimensi. Tapi belakangan platform game sudah disesuaikan kedalam tampilan 3 dimensi dengan grafis yang semakin 'wah'.
 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game
Super Mario Bros

4. Indie Game 
Indie game bisa beragam genre. Bisa action, comedy, drama, mystery, dan lain-lain. Indie game juga bisa bertipe FPS atau TPS. Maksudnya Indie game yaitu game ini dibuat dan dipublish secara individu atau kelompok kecil. Developer Indie game tidak di bawah naungan developer game besar ibarat EA, Ubisoft, Capcom, dan lain sebagainya. Terkadang Indie game memiliki plot dongeng yang sangat anggun dan permainan yang unik walau dengan grafis yang tentu tidak sedahsyat developer game ternama. Contoh Indie game di antaranya yaitu Path of Exile, Trine, Bastion, To The Moon, dan masih banyak lagi.

 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game
Bastion bergenre action.

5. Simulation 
Contoh game simulation yang paling terkenal dan dikenal luas yaitu The Sims. Dalam memainkan The Sims kita mengendalikan insan virtual untuk melakukan apa yang kita mau. Kita bisa buat dia makan, minum, tidur, bekerja, berkelahi, atau tindakan-tindakan nyeleneh. Game simulasi lainnya yaitu SimCity yang mengharuskan gamer untuk membangun kota dan menjaga kestabilan kota secara real time. Bahkan simulasi pesawat terbang pun juga ada. Gamer sanggup merasakan pengalaman virtual menjadi pilot menerbangkan pesawat komersil, dengan catatan tidak terjun bebas dan mendarat di tengah lautan. Game simulasi cukup disenangi oleh banyak kalangan dan biasanya berumur panjang di pasaran alasannya yaitu yaitu membuat gamer tidak cepat bosan. Banyak variabel yang bisa kita kendalikan dan pilih. Di The Sims, kalau kita mau iseng membuat huruf The Sims kita kelaparan dan kere bisa, mau jadi penjahat bisa juga, mau punya anak banyak juga tidak tidak boleh alasannya yaitu yaitu tidak ada peraturan. 


The Sims 4 yang merupakan game simulasi manusia

6. Strategy 
Game strategy, ibarat namanya, membutuhkan keterampilan berpikir sebelum bertindak. Game seni administrasi tidak bisa asal serang dan tembak, malah bisa game over kalau begitu. Seperti game catur, kita tidak bisa asal menjalankan pion sembarangan. Sistem permainan di dalam game strategy bervariasi. Ada yang memakai bidak-bidak ibarat catur, contohnya game Playstation Disgaea. Ada yang seni administrasi menyusun taktik, contohnya Football Manager. Ada yang perang, membangun teritorial, dan bergerak secara real time, ibarat Warcraft dan Command & Conquer, Age of Empire. Game seni administrasi yang bergerak secara real time disebut juga sebagai Real Time Strategy (RTS) Game.

 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game 
tampilan game age of empire

7. Puzzle Game
Dari artinya mungkin sudah terang apa itu puzzle game. Game bertipe puzzle biasanya tidak memiliki plot atau jalan dongeng namun berisi teka-teki atau puzzle yang harus kita selesaikan.game puzzle sangat anggun dalam melatih otak. game puzzle cocok dimainkan di segala umur. umumnya game puzzle berbentuk ibarat memasang masang komponen benda hingga tersusun. Game puzzle bisa bervariasi, contohnya saja Tetris, Bejeweled, dan Angry Birds. Walaupun ketiga game tersebut sama-sama game puzzle tapi puzzle mereka berbeda-beda satu sama lainnya.

Tetris 
8. RPG (Role Playing Game) 
Secara umum, game bisa dikatakan sebagai RPG jikalau game tersebut memiliki jalan dongeng atau plot yang kompleks, berkeliling ke kota-kota dan daerah bertarung, melawan musuh dan boss, menaikkan level, dan berinteraksi dengan huruf lain. Game RPG menyeimbangkan porsi antara jalan cerita, drama, dan action. Biasanya game RPG memiliki tampilan TPS alias sudut pandang ketiga. Contoh game RPG terkenal sepanjang masa yaitu Final Fantasy. Contoh lainnya antara lain Kingdom Hearts, Dragon Age, Suikoden, dan masih sangat banyak lagi. 



Final Fantasy

9. VN (Visual Novel) 
Visual Novel biasanya dirilis oleh developer game di Jepang. Saya belum pernah menemukan game visual novel yang originally released by USA atau Europe. Visual novel, ibarat namanya, yaitu novel dengan tampilan visual didalamnya. Bermain visual novel sama ibarat membaca novel namun dengan gambar. Karena ibarat dengan novel, visual novel tidak menawarkan banyak action didalamnya, bahkan ada pula yang tidak memiliki action sama sekali, yang perlu kita lakukan hanya duduk dan membaca teks sembari gambar di layar berubah-ubah. Kalau dirasiokan, rata-rata game visual novel memiliki 70%-100% storytelling dan 0%-30% action dari awal hingga tamat. 
Sebelum memilih untuk memainkan game visual novel, sangat dianjurkan sekali untuk melihat genrenya terlebih dahulu. Banyak game visual novel yang bergenre eroge, atau dengan kata lain untuk 18+/mature. Entah kenapa banyak game visual novel yang dimasukkan unsur eroge, mungkin untuk mendongkrak jumlah penjualan dan sangat banyak peminat game eroge. Tapi masih ada beberapa game visual novel yang memiliki plot menarik tanpa eroge ibarat Umineko no Naku Koro ni (PC dan Playstation) dan 9 People 9 Doors 9 Hours (NDs). 

 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game 
tampilan doki doki literature club


10. F2P (Free To Play) 
F2P atau Free to Play sanggup ditemukan di game online. Sebagai catatan, game online dalam Bahasa Inggris disebut dengan Massively Multiplayer Online (MMO). Arti F2P yaitu bisa dimainkan secara gratis. Gamer cukup membuat akun, install game, dan langsung bisa dimainkan, gratis. Saya lihat game-game online yang beredar di Indonesia semuanya F2P, kecuali Ragnarok Online. Kaprikornus tidak perlu keringat hirau taacuh untuk menikmati sensasi bermain game secara online.
 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game

11. P2P (Pay To Play) 
P2P atau Pay to Play juga sanggup ditemukan di game online. Berbeda dengan F2P, P2P mengharuskan gamer untuk membayar sekian rupiah atau dolar. P2P dibagi menjadi 2 tipe. Tipe pertama, gamer harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli CD original yang memiliki ID original. CD ini tidak bisa dibajak dan tidak tersedia untuk didownload. Kalau tidak beli tidak bisa main. Setelah membeli CD, gamer bisa memainkan game secara gratis seterusnya. Kaprikornus hanya sekali bayar saat membeli CD original. Tipe kedua, gamer bisa saja mendownload gamenya, dengan catatan bisa membayar sekian rupiah atau dolar setiap bulannya untuk menjaga akunnya tidak diblokir.
 kali ini admin surga software akan membahas tentang Genre Game Mengenal Berbagai Genre Game


Sebagai catatan terakhir, satu judul game tidak terbatas pada satu tipe saja. Sebagai contoh, game Counter Strike bertipe FPS dan seni administrasi RTS. Pada mulanya game Counter Strike hanya sanggup dimainkan secara offline, sekarang Counter Strike sanggup dimainkan secara online. Maka, Counter Strike bertipe FPS, seni administrasi RTS, F2P untuk versi online. Game RPG misalnya, game RPG ibarat Final Fantasy selalu memakai sudut pandang ketiga alias TPS. Banyak game online F2P dan P2P yang memiliki unsur RPG di dalamnya sehingga biasa disebut dengan MMORPG. Selamat menikmati game.


Saya rasa sekian saja yang saya sampaikan di postingan kali ini , bila ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah . Jika anda mendapati kalau Blog ini berguna dan menarik , silahkan share ke sahabat , kerabat , family , guru , pacar , professor , dan hewan peliharaan anda . Lebih dan kurangnya Terimakasih.



Belum ada Komentar untuk "Mengenal Banyak Sekali Genre Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel