Cara Share Folder/File Dari Komputer Server Ke Komputer Client


Postingan ini sengaja saya buat sebagai pengingat bagi diri saya sendiri sebagai seorang operator sekolah yang sangat sibuk dengan hal-hal yang bekerjasama dengan aplikasi,computer dan jaringan.
Tidak semua cara yang telah kita ketahui akan selalu kita ingat karena jikalau cara tersebut sudah jarang untuk di praktekkan maka lambat laun kita akan melupakannya.

Jika anda memilIki suatu laboratorium computer pastilah anda akan sedikit banyak memahami wacana penggunaan dan pemanfaatannya, Baik dari segi jaringan dan pengaplikasiannya. Sebenarnya aneka macam cara-cara yang mampu kita pelajari wacana penggunaan dan pemanfaatan dari computer dan jaringan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai cara membagikan atau share suatu folder ataupun file dari computer satu menuju ke computer lainnya. Cara ini bersama-sama wajib untuk di ketahui oleh para guru ataupun siapa saja yang bekerja di bidang laboratorium computer karena dengan mengetahui cara ini akan sangat mempermudah pekerjaan terutama dalam program membagikan aplikasi dari satu computer ke computer lainnya.

Jika anda tidak memiliki labortorium computer cara membagikan folder atau file dari satu computer ke banyak computer mampu juga dilakukan dengan catatan computer yang satu dengan yang lainnya harus terhubung dengan jaringan LAN.

Computer utama yang merupakan computer server harus terhubung dengan computer lainnya yang merupakan computer client dan harus berada dalam satu jaringan supaya proses share folder atau file mampu terlaksana dengan baik. Cara share folder ini sangat mempersingkat waktu dan pekerjaan alasannya yaitu mampu dilakukan hanya dalam hitungan detik dan folder yang akan di bagikan sudah mampu di miliki oleh banyak computer.

Jika anda memiliki suatu file baik berupa dokumen ataupun berbentuk aplikasi dan ingin membagikannya kepada teman maka dengan mempraktekkan cara yang akan saya share kali ini tidak lagi membutuhkan device berupa flashdisk melainkan cukup berada dalam satu jaringan LAN (local area network). Jika anda membagikan suatu folder dengan menggunakan flashdisk maka cara tersebut sangat membutuhkan waktu yang sangat lama apalagi jikalau folder tersebut akan di bagikan kepada banyak computer.

Berikut ini cara share folder/file dari computer server ke computer client.

1. Melalui computer server silahkan anda pilih folder yang akan di share ke computer client,

2. kemudian klik kanan folder yang akan dibagikan tersebut dan pilih “share with” kemudian pilih lagi “specific people” ( menyerupai yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini )


2. kemudian akan muncul tampilan menyerupai pada gambar dibawah ini dan arahkan kursor pada kotak segitiga dan pilih gesekan pena “everyone”


3. setelah itu klik “Add” menyerupai tampak pada gambar di bawah


4. pada pelihan everyone silahkan pilih gesekan pena “read/write” yang artinya folder yang akan dibagikan tersebut nantinya mampu di lihat dan mampu di edit. Namun jikalau anda ingin supaya folder/file tersebut hanya mampu untuk di lihat atau di baca saja tanpa mampu di edit maka pilihan yang di gunakan ialah “read”
Setelah itu langkah terakhir ialah klik “share”


5. jikalau sudah maka akan muncul pemberitahuan bahwa folder tersebut telah berhasil di share dan silahkan klik gesekan pena “Done”



Kini folder yang anda share sudah berada di computer client dan sudah mampu di gunakan.

Nah untuk mampu melihat atau membuka hasil folder/file yang sudah terkirim ke komputer client silahkan baca pada judul di bawah ini :

CARA MEMBUKA/MELIHAT FOLDER HASIL SHARE DARI KOMPUTER SERVER KE KOMPUTER CLIENT

Semoga artikel ini mampu bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Share Folder/File Dari Komputer Server Ke Komputer Client"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel