Pengertian Ppk, Literasi, Hots Dan 4C Pada Kurikulum 2013



Kurikulum 2013 merupakan kurikulum gres yang merupakan pengganti kurikulum KTSP. Dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada tiap-tiap kurikulum memiliki model yang berbeda-beda.
Seperti yang dikala ini di gunakan pada kurikulum 2013 dimana dalam pembuatan RPP kurikulum 2013 dalam komponen penyusunannya harus memuat empat hal.

Keempat hal tersebut yaitu penguatan pendidikan aksara ( PPK ), LITERASI, higher order thinking skills ( HOTS ),  dan 4C ( Communication, Collaboration, Critical Thinking and problem solving, dan Creativity and Innovation ).

Selain ke empat hal tersebut pada artikel saya yang terbaru saya juga telah membahas mengenai arti dari 6C pada penyusunan soal baik soal USBN maupun soal-soal lain yang harus memuat aspek level kognitif C1,C2,C3,C4,C5,C6. Selain itu Aspek 6C tersebut juga sangat penting dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Oleh alasannya yaitu itu untuk bisa memahami arti dari 6C tersebut, maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini :

==> ARTI 6C PADA PENYUSUNAN SOAL DAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN


Pada postingan kali ini penulis ingin menjabarkan sedikit mengenai pengertian dari PPK, LITERASI, HOTS dan 4C, karena dengan memahami keempat hal tersebut maka dalam menyusun dan menciptakan perangkat pembelajaran dalam hal ini RPP akan sanggup dengan praktis menempatkan dan mengaitkan keempat hal tersebut ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan di buat.

==> BACA JUGA :



Berikut ini pengertian dari PPK, LITERASI, HOTS dan 4C.

1. PENGERTIAN PPK
        PPK merupakan kependekan dari penguatan pendidikan aksara yang memiliki arti sebagai suatu gerakan yang mencerminkan pendidikan yang berkarakter dengan harapan sanggup memperkuat aksara para akseptor didik melalui harmonisasi olah hati,olah rasa,olah pikir dan olah raga yang dikembangkan secara bahu-membahu baik dalam satuan pendidikan, keluarga, serta masyarakat.
Penguatan pendidikan aksara bertujuan untuk membangun dan membekali akseptor didik yang merupakan generasi emas Indonesia di tahun 2045 dalam menghadapi dinamika perubahan di masa depan, selain itu dengan PPK juga sanggup mengembangkan platform pendidikan nasional yang mengakibatkan pendidikan aksara sebagai jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya yang ada di deluruh wilayah Indonesia.

2. PENGERTIAN LITERASI
        Literasi  merupakan suatu acara yang dilakukan baik perorangan maupun secara bahu-membahu dalam hal mengakses, memahami dan menggunakan seseatu melalui program membaca, menulis, melihat, menyimak dan berbicara.
Membaca  merupakan salah satu acara berliterasi untuk mengasah keterampilan berbahasa dalam proses pembelajaran, karena dengan membaca akseptor didik sanggup memperoleh informasi. Literasi tidak sanggup dipisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana akseptor didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah.
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori.
Salah satu acara literasi sekolah yaitu mengakibatkan sekolah sebagai taman berguru yang menyenangkan dan ramah anak biar warga sekolah bisa mengelola pengetahuan.

Literasi sanggup dijabarkan menjadi ;  Literasi Dini (Early Literacy), Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Gerakan literasi sekolah sanggup menumbuhkan rasa untuk memupuk kebiasaan dalam membaca biar akseptor didik sanggup memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas wacana dunia.

3. PENGERTIAN HOTS
        HOTS merupakan kependekan dari higher order thinking skills yang artinya yakni kemampuan berpikir kritis,logis,dan kreatif yang merupakan cara berfikir tingkat tinggi yang terdiri atas kemampuan menganalis,mengevaluasi dan mencipta.
Setiap jenjang HOTS memiliki kemampuan yang berbeda menyerupai pada kemampuan menganalisis yang artinya sanggup mengelompokkan serta memilih informasi sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Pada kemampuan mengevaluasi artinya bisa untuk memilih kesesuaian antara duduk masalah yang terjadi dan sanggup merampungkan suatu duduk masalah dengan baik. Pada kemampuan mencipta artinya bisa membuat,mendesain dan mengembangkan suatu produk sehingga sanggup menghasilkan produk yang berkualitas.

4. PENGERTIAN 4C
        4C merupakan kependekan dari Communication, Collaboration, Critical Thinking and problem solving, dan Creativity and Innovation.

- Komunikasi merupakan suatu acara mengembangkan informasi baik yang dilakukan secara verbal maupun secara tertulis. Tidak semua orang sanggup melakukan komunikasi dengan baik dimana terkadang ada orang yang sanggup berinteraksi atau menawarkan sesuatu secara verbal dan tidak sanggup menginformasikannya secara tertulis begitu juga sebaliknya ada orang yang sanggup menawarkan informasi hanya secara tertulis saja dan tidak bisa menyampaikannya secara lisan.

- Kolaborasi merupakan acara yang dilakukan secara bahu-membahu dalam hal bekerja untuk melakukan sesuatu sesuai tanggung jawab bersama sehingga sanggup menghasilkan pencapaian dan tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan.

- Berpikir kritis dan merampungkan duduk masalah merupakan kemampuan untuk memahami sebuah duduk masalah yang rumit dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut melalui banyak sekali cara sehingga sanggup menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

- Kreativitas dan inovasi merupakan suatu kemampuan dalam menyampaikan,mengembangkan dan menciptakan gagasan-gagasan gres sehingga sanggup menghasilkan suatu inovasi gres yang memiliki nilai tinggi dalam hasil yang di peroleh.
Kreativitas dan inovasi sangat di perlukan dalam dunia pendidikan biar akseptor didik bisa untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Demikianlah pengetahuan yang sanggup penulis jelaskan melalui postingan ini, biar apa yang telah di jelaskan sanggup menambah wawasan dalam menciptakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang di terapkan pada kurikulum 2013.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Ppk, Literasi, Hots Dan 4C Pada Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel