3 Fitur Canggih Android Oreo 8.0

Google telah mengumumkan Orea sebagai nama untuk sistem operasi (OS) Android 8.0 melalui live streaming di New York, Amerika Serikat, pada Senin (21/8/2017) sore waktu setempat. Android Oreo saat ini telah tersedia untuk pengujian atau berada dalam tahap developer preview.

Berkat tahapan developer preview, sebagian fitur Andorid Oreo sudah mampu dicoba. Memang Belum semua pengguna mampu menjajal Oreo, tapi jajaran perangkat Android dipastikan akan mendapat pembaruan ke OS tersebut pada tahun ini.

Baca Juga: Macam-Macam Versi Android

Nah jikalau kalian penasaran dengan Android Oreo, ada tiga fitur penting yang cukup menarik perhatian.

Berikut ulasan singkat ketiga fitur tersebut

1. Background Limits - Bikin Daya Tahan Smartphone Jauh Lebih Awet

Android 8.0 akan mengubah proses background (latar belakang), yang artinya akan mengubah cara kerja sejumlah aplikasi. Perubahan ini membuat daya tahan baterai menjadi yang lebih baik.

Selain itu, Android 8.0 juga akan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang berjalan di layanan latar belakang dan tidak ada kaitannya dengan yang sedang dilakukan pengguna pada ponsel mereka. Dengan demikian, fitur ini kemungkinan tidak kuat pada aplikasi mirip layanan musik yang sedang berjalan di latar belakang. Kemungkinan berdampak pada aplikasi mirip Snapchat di latar berlakang yaitu feed yang tidak akan refresh (diperbarui).

Secara garis besar, Oreo cukup berakal untuk tidak mengakses aplikasi-aplikasi semacam itu. Berkat fitur ini, Android Orea menggunakan daya lebih sedikit, sehingga membuat kualitas baterai lebih baik. 

2. Autofill API - Praktis! Bisa Masuk Akun Media Sosial Tanpa Perlu Mengetikkan Password

Sejumlah orang kerap lupa dengan password mereka, tapi hal tersebut dibutuhkan biar akun-akun tetap aman saat berselancar di dunia maya. Sejumlah aplikasi manager password yang ada di Android dan diharapkan membantu pengguna, nyatanya tidak cukup nyaman digunakan.

Melalui kehadiran Android 8.0, aplikasi-aplikasi mampu mendaftar sebagai penyedia autofill dengan sistem yang mampu mempermudah pengguna untuk login. Setelah pengguna memilih penyedia autofill di pengaturan bahasa dan input, Android akan meminta rincian login dari aplikasi tersebut, kapan pun dibutuhkan.

Sistem tersebut juga mampu memverifikasi dengan pemindai sidik jari atau metode unlock yang aman, sebelum memuat data akun. Sejumlah manager password populer telah memiliki fitur tersebut termasuk Dashlane, LastPass dan 1Password.

3. Picture-in-Picture mode - Bisa Nonton Video Sambil Kerja

Para pengguna Android 8.0 akan mampu menonton video sambil melakukan program lain dengan perangkat mereka. Hal ini mampu dilakukan berkat fitur Picture-in-Picture (PiP) mode.

Fitur ini awalnya dikembangkan sebagai serpihan dari Nougat, tapi hanya tersedia pada perangkat Android TV. Tapi kini juga mampu dinikmati di ponsel dan tablet. Sebagai catatan, aplikasi yang digunakan harus sudah mendukung video PiP. Beberapa yang sudah mendukung video PiP yaitu Chrome, YouTube dan VLC.

Untuk menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu memulai sebuah video dalam mode full-screen dan tap tombol "Home". Kemudian ukuran video akan mengecil dan mampu terus ditonton sambil mengakses layanan lain mirip kalender.

Tiga fitur ini merupakan contoh sederhana perihal sejumlah hal yang disuguhkan si manis Oreo. Nexus dan Pixel akan mendapat pembaruan ke Oreo dalam waktu bersahabat ini, sedangkan perangkat yang lainnya beberapa
bulan lagi.


Sumber Berita - tekno.liputan6.com

Belum ada Komentar untuk "3 Fitur Canggih Android Oreo 8.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel