Cara Terbaru Tarik Penerima Ajar Pindahan Di Aplikasi Dapodik Terbaru



Bagi sebagian orang anyir tanah yang memiliki anak di kursi sekolahan akan merasa bangga dikala anaknya mampu bersekolah dengan baik di sekolah yang telah di tentukan, namun terkadang dalam sebuah kehidupan pastinya ada saja masalah atau kendala dalam berumah tangga sehingga terkadang banyak orang anyir tanah yang melaksanakan migrasi atau perpindahan dari kawasan awal ke kawasan baru. Hal tersebut biasanya di sebabkan oleh faktor pekerjaan ataupun faktor ekomomi dalam keluarga sehingga mau tudak mau anak yang sekolah juga harus mengikut pada orang tuanya dan akhirnya harus berpindah sekolah.


Berbicara mengenai proses perpindahan sekolah dari sekolah asal ke sekolah tujuan yang gres atau dengan kata lain di sebut dengan “ MUTASI” hal ini sering terjadi pada akseptor didik. Kasus pindah sekolah tersebut merupakan hal yang masuk logika dan sering terjadi dalam dunia pendidikan. Namun satu hal yang perlu di ketahui bahwa prosedur pindah sekolah juga memiliki aturan yang harus di lengkapi sehingga proses mutasI siswa mampu terlaksana dengan baik.

Saat ini setiap sekolah tentunya sudah menggunakan aplikasi dapodik yang merupakan aplikasi untuk penginputan data sekolah, data pendidik dan tenaga kePendidikan, data sarana dan prasarana serta untuk penginputan data siswa.

Sesuai dengan aturan yang berlaku dikala ini bahwa akseptor bimbing yang melaksanakan mutasi dari sekolah asal menuju ke sekolah tujuan yang gres haruslah melaksanakan proses mengeluarkan data akseptor bimbing dari aplikasi dapodik lama ( sekolah asal ) dan kemudian melaksanakan penarikan data ke sekolah tujuan ( sekolah gres ). Tujuannya adalah semoga data akseptor bimbing yang akan mutasi tersebut mampu masuk ke aplikasi dapodik sekolah yang baru.

Untuk melaksanakan proses penarikan data akseptor bimbing pindahan maka yang memiliki peranan penting dalam hal ini adalah operator sekolah. Sebagai seorang operator sekolah kita harus mengetahui bagaimana cara melaksanakan proses penarikan data akseptor bimbing pindahan (mutasi).

Memasuki tahun 2019 proses penarikan data akseptor bimbing pindahan sudah tidak lagi mampu dilakukan menggunakan aplikasi dapodik melainkan prosedur penarikan data akseptor bimbing gres dan akseptor bimbing pindahan sudah di ganti menggunakan cara terbaru dan hanya mampu dilakukan dengan cara online.

Nah, pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan penjelasan mengenai cara melaksanakan penarikan data akseptor bimbing pindahan yang akan saya jabarkan lengkap dengan gambarnya sehingga akan memudahkan para operator sekolah dalam memahaminya.

Berikut penjelasannya :

1. Pertama silahkan anda mengunjungi alamat link di bawah ini
sehingga akan tampil ibarat pada gambar di bawah ini :


2. Kedua adalah anda harus login menggunakan hidangan manajemen dapodik sekolah.
Untuk melaksanakan login di hidangan manajemen dapodik sekolah, anda mampu melakukannya dengan cara berikut :
Silahkan anda klik tulisan login dan pilih “manajemen sekolah” ibarat pada gambar di bawah


3. Setelah itu akan tampil ibarat pada gambar di bawah ini, untuk melaksanakan login manajemen silahkan masukkan “username” dan “password” pada kolom yang tersedia dengan menggunakan username dan password dapodik anda kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik gesekan pena “kelola data sekolah”.


4.Kemudian akan muncul gambar berita akun ibarat pada gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik gesekan pena “ kelola data pokok”


5. Kemudian akan muncul tampilan berikut dan klik hidangan “ akseptor didik” untuk melaksanakan proses penarikan data Peserta Didik Pindahan ( Mutasi )


6. Setelah itu klik gesekan pena “tambah akseptor didik” ibarat pada gambar di bawah


7. Kemudian lanjutkan dengan melaksanakan langkah-langkah berikut ini :

    1) Klik Tulisan " PINDAH/MUTASI"
    2) Pilih Nama Propinsi sesuai dengan propinsi kawasan sekolah asal akseptor bimbing yang akan di mutasi
    3) Pilih Nama Kabupaten sesuai dengan Kabupaten tempat sekolah asal akseptor bimbing yang akan di mutasi
    4) Pilih Nama Kecamatan sesuai dengan Kecamatan tempat sekolah asal akseptor bimbing yang akan di mutasi
    5) Pilih Nama Sekolah Asal peserta bimbing yang akan di mutasi
    6) Klik Tulisan "TAMPILKAN"


8. Setelah itu akan tampil nama-nama akseptor bimbing yang siap untuk di tarik datanya, dan jangan lupa untuk mengisi atau memilih kelas tujuan yang akan di tempati oleh akseptor bimbing yang gres di tarik tersebut semoga akseptor bimbing tersebut secara otomatis masuk ke dalam rombel yang kita tentukan.



KETERANGAN :
Apabila dari semua data akseptor bimbing yang telah di tampilkan tersebut ternyata nama siswa yang akan kita tarik tersebut tidak muncul, berarti pada sekolah asal data akseptor bimbing tersebut belum mengeluarkan nama siswa tersebut di aplikasi dapodiknya. Sehingga untuk mengatasinya maka silahkan hubungi operator sekolah asal dan memperlihatkan semoga nama siswa yang akan di mutasi tersebut mampu di keluarkan melalui aplikasi dapodik sekolah asal.

9. Apabila nama akseptor bimbing yang di tampilkan sangat banyak jumlahnya maka untuk memudahkan dalam mencari nama siswa yang akan di tarik datanya tersebut mampu menggunakan hidangan "search" dengan cara mengetikkan nama siswa tersebut pada kolom search dan kemudian lanjutkan dengan mengklik "enter" pada keyboard maka nama siswa tersebut akan otomatis langsung di tampilkan.



10. Langkah terakhir adalah mencentang nama akseptor bimbing yang akan di tarik datanya kemudian klik gesekan pena " SIMPAN"



Apabila seluruh tahapan tersebut telah di lakukan dengan benar maka data akseptor bimbing pindahan yang telah di tarik tersebut akan secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik namun satu hal yang perlu di ingat bahwa data akseptor bimbing yang barusan di tarik tersebut akan masuk setelah anda melaksanakan syncronisasi pada aplikasi dapodik sekolah anda.

Demikianlah penjelasan mengenai cara terbaru melaksanakan penarikan data akseptor bimbing pindahan ke dalam aplikasi dapodik yang mampu saya bagikan pada artikel ini,semoga mampu bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Cara Terbaru Tarik Penerima Ajar Pindahan Di Aplikasi Dapodik Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel