Ini Tahapan Mencar Ilmu Efektif Berdasarkan Mendikbud Anies Baswedan

JAKARTA - Sudah berguru mati-matian tetapi merasa belum menerima hasil maksimal? Mungkin kamu belum menjalani tahapan berguru efektif.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, memaparkan, ada lima fase pembelajaran guna meraih hasil yang baik.
"Fase pembelajarannya yaitu kita ajarkan, kita biasakan, didisiplinkan sehingga menjadi kebiasaan; dan terakhir dikarenakan telah terbiasa menjadi kebudayaan," ujar Anies di Kemendikbud, Jumat(10/7/2015).
Fase tersebut harus dijalankan secara bertahap, tidak mampu dilompat. Dan sekolah, kata Anies, sebaiknya menerapkan kelima fase tersebut secara reguler.
Selain menerapkan lima fase pembelajaran, sekolah juga perlu memerhatikan pendidikan karakter. Menurutnya, proses menumbuhkan karakter perlu memerhatikan tiga hal yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler.
Dia menilai, selama ini aspek nonkurikuler kurang menerima perhatian, padahal efeknya mungkin saja mampu lebih besar dalam pembelajaran. Misalnya, pembelajaran akal pekerti.
Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengimbuhkan, pada pembelajaran akal pekerti, ada karakter positif, karakter susila serta karakter kinerja. Anies menjelaskan, karakter kinerja berarti bicara perihal kesungguhan, kerja keras, dan yang tindakannya yaitu untuk mendorong kejujuran, menghormati sesama serta cinta Tanah Air.
"Yang mau kita kerjakan yaitu menjalankan pendidikan untuk bangsa melalui perilaku anak-anak sekolah. Karena itu, saya berharap ini mampu kita kerjakan benar-benar serius," tambahnya.

sumber informasi : news.okezone.com

Belum ada Komentar untuk "Ini Tahapan Mencar Ilmu Efektif Berdasarkan Mendikbud Anies Baswedan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel