Arti Pembelajaran Remedial Dan Pengayaan Pada Kurikulum 2013



Selamat berjumpa kembali di dalam blog yang kali ini akan membahas sesuai dengan topik pada judul artikel di atas.

Pada program pembelajaran tentunya untuk mampu mengetahui tingkat penguasaan akseptor didik dalam memahami materi yang di berikan maka seorang guru perlu mengatakan suatu evaluasi yang tujuannya yakni untuk mengukur tingkat penguasaan akseptor didik dalam menyerap ilmu pengetahuan yang telah di pelajarinya.


Dalam pelaksanaan evaluasi tidak semua siswa akan memiliki nilai yang baik ( memiliki nilai di atas nilai KKM ) karena tingkat penguasaan konsep tiap-tiap akseptor didik pastinya berbeda-beda tergantung dari kemauan akseptor didik tersebut untuk semangat dalam belajar.

Bagi akseptor didik yang menerima nilai yang baik atau mampu diartikan sebagai nilai yang memenuhi batas KKM tidak akan menerima kendala karena mampu dinyatakan telah tuntas dalam mengikuti mata pelajaran yang telah di ujikan namun bagaimana dengan nasib akseptor didik yang belum tuntas atau belum menerima nilai yang memenuhi Batasan KKM yang telah di tetapkan.

Peserta didik yang menerima nilai di bawah KKM pada dikala mengikuti program evaluasi ataupun ujian maka akseptor didik tersebut di nyatakan belum lulus atau belum tuntas dalam penguasaan materi yang telah diajarkan pada dikala itu.

Bagi siswa atau akseptor didik yang memiliki nilai di bawah nilai KKM dan dinyatakan belum tuntas maka pesera didik tersebut harus mengikuti program Pembelajaran yang di sebut dengan program pembelajaran remedial. Sedangkan bagi akseptor didik yang telah dinyatakn lulus atau telah tuntas maka akseptor didik tersebut berhak untuk mengikuti program Pengayaan.

Mungkin di antara kalian yang dikala ini membaca artikel ini pernah mendengar mengenai kata Remedial maupun Pengayaan, namun bahu-membahu anda masih belum memahami apa yang di maksud dengan remedial dan pengayaan terebut.

Pada artikel ini saya akan mengatakan penjelasan mengenai arti dari Remedial dan Pengayaan yang sering kita dengar di sekolah, karena hal ini umumnya di lakukan pada kegiatan-kegiatan pada satuan Pendidikan (Sekolah) baik swasta maupun negeri.

Remedial merupakan suatu jadwal pembelajaran yang diperuntukkan bagi akseptor didik yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh satuan Pendidikan dalam tiap satu Kompetensi Dasar tertentu.

Pembelajaran Remedial diberikan kepada akseptor didik sesudah akseptor didik tersebut diketahui belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan.
Pembelajaran Remedial di berikan dan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan/hak akseptor didik.

Dalam pembelajaran Remedial, Guru membantu akseptor didik untuk memahami kesulitan mencar ilmu yang dihadapi oleh akseptor didiknya sehingga tujuan pembelajaran mampu tercapai.

Pembelajaran remedial mampu dilakukan secara individu, berkelompok, ataupun dengan menggunakan sIstem Pembelajaran tutor sebaya tergantung pada tingkat persentase jumlah akseptor didik yang belum tuntas maupun tingkat kesulitan mencar ilmu akseptor didik.

Pengayaan merupakan jadwal pembelajaran yang diberikan kepada akseptor didik yang telah dinyatakan tuntas atau telah melampaui nilai ambang batas KKM. Inti dari pemberian pembelajaran pengayaan yakni untuk mengatakan penguatan materi, pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang telah dipelajari.

Pengayaan diberikan kepada setiap akseptor didik sesudah akseptor didik tersebut diketahui telah mencapai nilai ambang batas KKM. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulang kali sebagaimana pembelajaran remedial.

Pada pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan pemberian penilaian, karena akseptor didik telah dianggap memiliki nilai yang baik.
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan mampu dilakukan dengan model pembelajaran secara individu maupun berkelompok.

Demikianlah penjelasan yang mampu saya sajikan pada postingan artikel kali ini mengenai arti dari pembelajaran Remedial dan Pembelajaran Pengayaan.
Semoga artikel ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam dunia Pendidikan.

Akhir kata jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di dalam blog  sebab di dalam blog tersebut anda mampu menemukan banyak manfaat dari postingan seputar dunia Pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Arti Pembelajaran Remedial Dan Pengayaan Pada Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel