Surat Edaran Perihal Pelaksanaan Simulasi Penyelamatan Peristiwa Serentak Di Sekolah


Salam semangat buat seluruh Unsur-unsur dalam bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 ihwal Pelaksanaan Evaluasi Bencana Serentak di Sekolah.

Sebagai bentuk upaya dalam membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana, dan dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun bersama (kolektif) di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, ketika atupun setelah bencana terjadi maka sangat penting untuk dilakukan latihan / simulasi penyelamatan bencana.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah me Surat Edaran ihwal Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah


Dimana latihan atau simulasi penyelamatan bencana mampu digunakan untuk melatih kesiapan dalam keadaan darurat sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kebingungan, dan memastikan kesiapan prosedur dan peralatan tanggap darurat. Sesuai dengan Surat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor B-139.d/Ka-BNPB/PK.03.01/02/2019 tanggal 28 Februari 2019 ihwal Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak. 

Adapun tujuan utama simulasi penyelamatan bencana yaitu untuk memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan ihwal bahaya bencana. Karena itu, simulasi penyelamatan bncana harus sering dilakukan di sekoalh untuk mendidik warga sekolah khususnya ihwal bahaya bencana. 


Dengan adanya simulasi ini, maka diperlukan jikalau bencana yang bahwasanya terjadi maka mampu menekan timbulnya korban alasannya ialah yaitu ada kesiapan dan kesiagaan yang sudah terbentuk. 

Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Dirjen Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 ihwal Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah. Surat edaran tersebut ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menghimbau sekolaah untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Melaksanakan simulasi penyelamatan bencana serentak di sekolah pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2019 pukul 10:00 s.d 12:00 waktu setempat ;
  2. Melaksanakan simulasi penyelamatan bencana secara serentak di sekolah paling lama 2 jam ;
  3. Membuat slogan Siap utuk Selamat selama pelaksanaan program simulasi berlangsung melalui media publikasi ;
  4. Informasi mengenai Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 mampu diakses melalui laman: https://siaga.bnpb.go.id/hkb/


 Sumber : dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/


Demikianlah informasi yang mampu admin bagikan, biar bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Belum ada Komentar untuk "Surat Edaran Perihal Pelaksanaan Simulasi Penyelamatan Peristiwa Serentak Di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel